7 Kebaikan Selama Puasa yang Layak Dipertahankan

Kebaikan bukan hanya dilakukan saat puasa tetapi untuk dibiasakan selamanya.ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

TAHUN ini, saya merasa puasa saya cukup berkualitas. Selama 30 hari berpuasa, saya berhasil membuat beberapa terobosan kecil dalam runititas yang menurut saya pantas diteruskan menjadi kebiasaan di hari-hari selanjutnya. Saya menyebutnya 7 kebaikan yang layak dipertahankan. Apa sajakah 7 hal tersebut?

  1. Wake up early
    Saya termasuk orang yang memiliki masalah dalam bangun pagi. Di hari-hari biasa, saya seringkali bangun kesiangan. Namun ajaibnya, selama bulan puasa saya bisa bangun lebih pagi, tidak kembali tidur dan langsung berangkat bekerja. Perilaku ini membuat hari-hari saya menjadi lebih aktif.
  2. Working productively
    Karena bisa bangun pagi, saya bisa ke kantor lebih awal dan menyelesaikan pekerjaan di kantor lebih cepat. Saya merasa lebih produktif dan mudah menyelesaikan pekerjaan, bahkan untuk pekerjaan sulit sekalipun.
  3. Stay consistent in training
    Terbawa suasana aktif dan produktif di kantor membuat saya tetap bersemangat untuk berlatih, bahkan lebih rajin dari biasanya. Usai jam kerja dan berbuka puasa, saya langsung pergi berlatih bersama teman-teman. Biasanya saya membawa baju dan sepatu lari, lalu pergi ke Stadion UI atau Gelora Bung Karno untuk latihan sesuai dengan menu-menu latihan yang telah saya buat sebelumnya.
  4. Keep in shape
    Rajin berlatih membuat saya merasa lebih bugar dan berhasil menjaga berat badan tetap seimbang. Tentunya ini pencapaian yang memuaskan, wanita mana yang tidak suka memiliki badan yang bagus. Ketika melihat ke arah kaca seringkali membuat saya tersenyum sendiri. Mendapati bentuk badan semakin bagus membuat saya bahagia dan semakin bersemangat untuk workout. 
  5. Selective on picking the meals
    Berada dalam suasana puasa dan latihan membuat saya berhati-hati dalam memilih makanan. Percaya atau tidak selama 30 hari saya berhasil menjauhi makanan seperti gorengan, santan, es dan makanan bergula tinggi. Sebagai gantinya saya bisa mengkonsumsi makanan yang menunjang program latihan saya seperti kurma, roti gandum dan buah-buahan. Ditambah dengan workout yang baik. perilaku ini sangat mendukung cita-cita saya untuk memiliki tubuh yang bagus.
  6. Appreciate time and effort
    Saya selalu berpikir puasa merupakan titik di mana sesuatu bermula atau berakhir, jadi di sini secara alami saya dituntut untuk lebih menghargai waktu dan setiap usaha yang saya lakukan. Saya juga membuasakan diri untuk tidak berpatokan pada pencapaian orang lain. Yang saya lakukan hanyalah berusaha memaksimalkan yang saya bisa lakukan.
  7. Keeping mind positive
    Terakhir, puasa selalu dihubungkan dengan menahan nafsu dan emosi. Dan di sinilah puasa saya terasa semakin lengkap ketika selama sebulan saya berhasil mengelola emosi, bisa lebih sabar dan berpikir logis dalam menghadapi sesuatu.

Nah, 7 hal berikut ini merupakan pengalaman yang saya dapatkan selama berpuasa kemarin. Sebagian mungkin remeh saja, namun ketika saya berhasil melakukannya, rasanya senang sekali. Seolah ini adalah prestasi baru dalam hidup saya. Saya jadi ingin terus melakukannya.

Setiap orang mungkin memiliki pengalaman yang berbeda. Atau mungkin ingin mencoba meruskan hal positif lainnya. Coba saja ingat-ingat, hal positif apa saja yang berhasil Anda lakukan selama bulan puasa.Jika layak untuk dipertahankan, maka PERTAHANKAN! TERUSKAN! BIASAKAN! Lalu, petik manfaatnya kemudian.

©Tina Latief 2018

One thought on “7 Kebaikan Selama Puasa yang Layak Dipertahankan

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s