Sehari Menjelajah Pesona Keindahan Pantai-Pantai di Pesisir Selatan

IMG_20180619_132234_140

Siapa yang tidak mengenal pantai-pantai di pesisir Selatan, keindahannya selalu menarik para wisatawan.

DALAM rangka menikmati libur lebaran, saya berencana untuk touring ke pantai-pantai di Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Hari itu hari Sabtu saat saya membuat janji dengan Amri, teman jalan saya, untuk pergi ke pantai. Sengaja memilih waktu yang cukup longgar, saya mengawali petualangan daripukul lima pagi sampai lima sore.

Tour saya awali dengan melihat sunrise di puncak Mercusuar Tanjung Baron. Sedikit terlambat sebenarnya saat kami sampai di puncak. Matahari telah meninggi dan mercusuar setinggi 50 meter itu telah ramai dikunjungi oleh pengunjung. Meskipun begitu, saya tak urung untuk memanjat tangga demi tangga di bangunan suar itu. Saat mencapai anak tangga terakhir, yakni anak tangga teratas menara, kemudian saya disuguhi pemandangan alam laut Pantai Selatan yang sangat menawan. Pemandangan berupa perpaduan biru laut dan hijau hutan mengelilingi sminiatur Baron Technopark yang nampak dari kejauhan.

Setelah matahari agak memanas, kami memutuskan untuk turun dari menara dan melanjutkan perjalanan. Pada tour berikutnya, kami menyusur Pantai Ngobaran, Pantai Ngerenehan dan Pantai Nguyahan secara berurutan. Di sini kami menikmati pemandangan dengan cara menyusur tepian pantai, membaur bersama para pengunjung pantai lainnya. Banyak diantara pengunjung yang telah basah karena menceburkan diri ke air, membuat hasrat saya untuk ikut bermain air semakin besar. Namun karena saat itu masih cukup dini untuk berbasah-basahan—saya takut kedinginan karena waktu masih pagi— saya memilih untuk melepas sepatu saja, membiarkan kaki dikecup asinnya air laut.

Tak sanggup menahan keinginan untuk segera menceburkan diri ke air, akhirnya kami berpindah tempat, mencari pantai yang cukup nyaman untuk bermain air. Adapun pantai pilihan kami adalah Pantai Gesing. Kami memilih pantai ini karena selain pantainya cukup nyaman untuk digunakan bermain air, di sini kami bisa tour ke tengah laut dengan cara naik perahu.

Untuk naik perahu, kami hanya perlu membayar sebanyak 20 ribu untuk sekali naik mengelilingi pantai. Beramai-ramai dengan pengunjung lainnya, kami bisa dimanjakan pesona tengah laut selama kurang lebih 15 menit. Benar saja, setelah puas ceburan di air, saya dan Amri memutuskan untuk mencoba naik perahu. Siang itu, ombak terlihat agak pasang, berkali-kali ombak nampak meninggi menghempaskan perahu naik dan turun. Sejujurnya saya agak takut, namun karena terbawa suasana ceria penumpang lainnya akhirnya saya bisa tertawa-tawa sambil sesekali menjerit. Untungnya, tak lama kemudian perahu segera menepi. Saya bisa bernafas lega, rehat, lalu makan siang menu andalan di Pantai Gesing.

Setelah kenyang makan siang di Pantai Gesing, kami melepas lelah sambil melihat matahari terbenam di Pantai Kesirat. Pantai Kesirat terletak agak jauh di dalam perbukitan. Untuk mencapai pantai yang dimaksud, kami harus berjalan sejauh kurang lebih 300 meter dari tempat di mana kami memarkir kendaraan.

Pantai Kesirat sedikit berbeda dengan pantai-pantai kebanyakan. Pantai Kesirat merupakan pantai dengan hamparan bukit dan batu karang. Kita tidak bisa bermain air ataupun sekedar menjejakkan kaki di pasir di pantai ini. Pantai ini merupakan pantai dataran tinggi. Di sini kita hanya bisa mengagumi deburan ombak dari kejauhan atau sekedar melihat sunset. Tetapi jangan salah, pantai ini akan menjadi pantai yang sempurna bagi para penggemar camping.

Matahari seolah terbenam dengan cepatnya. Mendadak suasana menjadi dipenuhi warna-warna jingga keemasan di ufuk Barat. Maka, dengan sigap kami segera memutar halauan, menuju jalan pulang. Namun sebelum kami benar-benar mengakhiri tour, kami menyempatkan diri membeli ikan di Pantai Baron sebagai oleh-oleh.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Menjelajah pantai… awalnya saya ingin pergi ke lebih banyak pantai. Tapi ternyata Pantai Selatan yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini ada banyak sekali. Faktanya pantai-pantai di sini tidak akan selesai dijamah dalam satu hari saja.

Keelokannya yang teramat populer dan keramahan atmosfer sekelilingnya membuat saya ingin berlama-lama di sana. seolah saya tidak diizinkan move on cepat-cepat untuk ke pantai berikutnya. Apalagi banyak fasilitas seru yang belakangan ini mulai disediakan oleh pengelola pantainya seperti spot-spot selfie dan foto, snorkeling, restoran seafood lezat, perahu karet, dll.
Ah… saya jadi ingin berlibur lebih lama dan pergi menjelajah lebih banyak lagi. Sekaligus membangkitkan kembali semangat traveling saya yang belakangan ini kalah dengan semangat berlari. He he he.

©Tina Latief 2018

4 thoughts on “Sehari Menjelajah Pesona Keindahan Pantai-Pantai di Pesisir Selatan

  1. Ika Puspita

    Pantai-pantai di Gunung Kidul memang menawan. Aku pernah ke beberapa pantai di pesisirnya, tapi belum pernah ke pantai yang disebutkan tadi. Mungkin lain waktu bisa mengeksplor lebih banyak lagi

    Like

    Reply
  2. Endah Kurnia Wirawati

    Wahh pantai-pantai di selatan pulau jawa emang cantik-cantik yaa..
    saya belum pernah ke daerah gunung kidul sih. cuma pernah ke parangtritis aja tuh

    Like

    Reply
  3. izzatyzone

    Nggak habis-habis mbak kalau ke GunKid. hahah. saya tiap liburan main ke pantai yg berbeda pun sampe sekarang belum bisa menjamah semua pantainya. luarbiasaaa mmg jogjaa

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s