Pentingnya pacer dalam latihan lari

img_20160924_093854MENGAPA pacer penting dalam latihan lari? Menurut saya, di sinilah pentingnya. Pertama, pacer memotivasi kita untuk terus berlari. Kedua, pacer bisa membantu kita untuk meningkatkan pace dalam berlari.

Saya mengidentifikasi melalui pengalaman lari saya kemarin. Setelah lari berbarengan dengan kelompok pacer, saya bisa meningkatkan kecepatan lari saya hingga beberapa detik lebih cepat dari biasanya. Memang, awalnya sedikit ngap-ngapan. Tapi setelah mempelajari tempo larinya, mengikuti gerak kakinya, akhirnya saya terbiasa juga.

Screenshot_2015-12-06-09-09-25Ini buktinya. Dari yang biasanya 6’30”/km, kemarin saya bisa ngepush hingga mencapai 6’17”/km. Bagi saya ini prestasi. Rasa-rasanya saya makin optimis kelak bisa stabil di pace enam 🙂 🙂

Lagi-lagi saya merasa beruntung punya banyak teman berlatih di komunitas lari. Dengan bergabung dengan komunitas, latihan lari akan lebih terasa dampaknya. Apalagi Derby merupakan komunitas lari yang banyak melakukan inovasi dalam latihan. Jadi tidak hanya latihan short run atau long run, Derby juga sering mengadakan trail run, grup pacer dan challenge.

Depok Running Buddy (Derby) selalu rutin berlatih di running track Universitas Indonesia. Biasanya kami start di parkiran Masjid UI untuk terlebih dahulu melakukan warming up. Nah, jika ada teman-teman yang ingin main ke UI, sekalian gih cobain lari bareng Derby. Anak-anaknya ramah dan welcome. Selain itu, buat yang belum punya pengalaman lari jangan khawatir akan tertinggal. Derby punya pacer yang akan setia menunggu kamu seperti Bang Arsy, Bang Arief, Bang Jali dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? #Marilari #Derbyrunners #Dontworryrunhappy

©Tina Latief 2015

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s