Dinamika

Untitled InfographicTIGA TAHUN MENJADI MAHASISWA membuat saya terbiasa menandai hari libur dengan kalender pendidikan. Saat ujian akhir semester telah usai, mahasiswa akan libur panjang: sebulan untuk semester ganjil dan tiga bulan untuk semester genap. Waktunya melemaskan otot-otot jidat yang menegang.

Akan tetapi, ketika berada di luar institusi pendidikan, misalnya saat magang, maka libur berdasarkan kalender pendidikan tidak lagi berlaku. Liburan ditentukan oleh aturan instansi di mana saya bekerja. Dalam kasus libur lebaran misalnya, akhirnya saya merasakan juga yang namanya mudik menjelang hari H lebaran.

Ini pengalaman baru. Sebelumnya saya biasa mudik lebih awal dan menghabiskan sebulan puasa bersama keluarga. Namun saya segera menyadari bahwa bukan saatnya lagi saya komplen soal liburan. Saya berpikir, mungkin beginilah menjalani kehidupan yang sebenarnya.

Sudah saatnya saya merasakan bagaimana menjalankan puasa di sela-sela bekerja.Sudah saatnya saya merasakan bagaimana sulitnya mendapatkan tiket mudik. Dan memang sudah saatnya saya merasakan bagaimana singkatnya berkumpul dengan keluarga dan teman-teman akibat tuntutan pekerjaan. Meski rasanya baru kemarin mudik, harus ikhlas jika sekarang sudah harus balik lagi…IMG_20150723_214033

Tahun ini memang terasa besar dinamikanya. Di mana tahun lalu saya masih gencar mengejar acara liburan, tahun ini saya harus sadar untuk pandai-pandai membagi waktu. Dengan waktu yang sangat singkat saya harus membagi waktu untuk syawalan, kondangan, kegiatan masyarakat, dan rutinitas pribadi. Mau tidak mau memang begitu.

Saya sudah besar. Sudah tiba saatnya menjadi bagian dari masyarakat…

©Tina Latief 2015

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s