Rayakan Dies Natalis ke-65, Universitas Indonesia Gelar Lomba Dayung Perahu Naga Antar Fakultas

img_20161011_194253

PAGI ITU, Minggu 29 Maret 2015, Danau Salam UI telah dipadati pengunjung. Alunan musik dangdut menggema hingga ke dalam kediaman saya di asrama. Sejenak saya melongok ke arah datangnya suara, melihat ada banyak sekali kendaraan yang terparkir di sana. Saya baru ingat, hari itu ada perhelatan di Danau Salam. Dalam rangka memperingati Dies Natalis UI ke-65, UI kembali menggelar lomba dayung perahu naga yang diikuti oleh dosen, karyawan, hingga mahasiswa UI di seluruh fakultas.

Ini adalah pertama kalinya saya melihat lomba perahu naga di UI. Dan untuk yang pertama kalinya saya melihat para karyawan dan dosen sangat bersemangat mendayung, menyibak air di tengah danau. Mereka berteriak-teriak seperti anak-anak yang menyemangati timnya. Hari itu benar-benar sebuah pemandangan yang tidak pernah saya lihat sebelumnya di kampus.

Perhelatan ini sedikit banyak mengingatkan saya pada games mendayung perahu karet sewaktu gathering bersama Tanoto Schoolars di Pangkalan Kerinci. Saat itu saya turut menjajal permainan mendayung perahu karet. Permainan yang semula saya pikir mudah itu ternyata susah.

Saya jadi membayangkan bagaimana susahnya mendayung perahu naga ini. Karena selain lebih berat, semakin banyak orang akan semakin susah mengompakkan irama dayungannya. Jika tidak kompak, alhasil seperti yang saya alami sewaktu di Kerinci. Perahu itu tidak maju-maju, sebaliknya malah melaju ke arah yang tidak seharusnya.

Tapi ternyata ada banyak pendayung andal di UI. Tim dari Fakultas Teknik, FIB, dan Psikologi tampil memukau di lomba dayung ini. Tapi tidak jarang juga tim yang mengalami nasip seperti saya sewaktu di Kerinci. Sesaat sebelum perlombaan dimulai, tim dari Fakultas Ilmu Keperawatan sempat tersangkut di pinggiran danau. Hehe…

Well, saya memang tidak mengikuti acara hingga selesai karena esoknya saya ada ujian. Tapi saya sangat menikmati saat menonton lomba perahu naga ini. Ada banyak sekali foto dan video yang saya ambil. Beberapa diantaranya yang saya posting di sini.

Untuk informasi siapa pemenang lomba dayung ini pada akhirnya bisa dilihat di website resmi Universitas Indonesia. Mengejutkan, Pascasarjana (PAU) berhasil menyingkirkan Psikologi.

©Tina Latief

3 thoughts on “Rayakan Dies Natalis ke-65, Universitas Indonesia Gelar Lomba Dayung Perahu Naga Antar Fakultas

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s