Hutan Kota UI, Tempat Berkumpulnya Komunitas Lari

BERUNTUNGLAH UI memiliki jogging track yang baik. Setiap Sabtu dan terutama Minggu, jogging track UI selalu padat dengan pelari. Ah saya lupa, bahkan tidak hanya pelari saja yang sering datang untuk berolahraga di kompleks kampus UI ini. Bikers, penggemar skateboard, hingga pasangan keluarga yang hobi bermain raket pun turut berkumpul di sini.

20150308_075034_1

20150308_075344_1

Yang paling ramai adalah jogging track yang melintasi Hutan Kota UI. Hutan yang letaknya di sebelah Barat Danau Salam ini adalah pos peristirahatannya para pelari yang datang ke UI. Tempat ini strategis, selain karena tidak ada kendaraan umum yang melintas, hutan ini juga berbatasan dengan permukiman warga dan pasar kaget.

Karena ramai, Hutan Kota inipun dimanfaatkan sebagai sarana membuka lapak bagi warga sekitar. Tentu saja bukan seperti yang ada di pasar kaget. Memanfaatkan badan jalan yang kosong, para pedagang memfasilitasi para olahragawan dengan menyediakan minuman, sarapan, dan atribut olahraga.

Masyarakat kita memang unik, selalu saja bisa memanfaatkan keadaan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Meskipun sebenarnya mereka menempati tempat yang tidak legal untuk berjualan, mereka tetap saja berjualan.

Sebenarnya saya mulai sedikit mengkritik. Terutama karena sampah yang dihasilkan serta pengelolaanya yang tidak bertanggujawab. Lucu bukan ketika orang ingin sehat justru berperilaku tidak sehat. Agaknya harus ada sedikit perubahan supaya pedagang mau bertanggungjawab dengan sampahnya, misalnya dengan menyediakan tempat sampah besar di sekitar sana. Jangan sampai mereka diusir karena membuang sampah sembarangan. Karena bagaimanapun juga keberadaan para pedagang memiliki peran fungsional, yakni menjadi pusat berkumpulnya komunitas olahraga di UI.

©Tina Latief 

4 thoughts on “Hutan Kota UI, Tempat Berkumpulnya Komunitas Lari

    1. Tina Latief Post author

      Iya Bunda.. di UI masih banyak pohon hijau nan rindang. Udaranya sejuk di sini. Ya itulah masalahnya, sampah. Sayang kalau tempat bagus seperti ini dipenuhi sampah..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s