Hujan di Depan Rumah

SORE ini hujan lebat di rumah. Airnya membasahi semuanya, kebun, tanaman, ayam-ayam. Seketika, halaman rumah penuh air karenanya.

Termasuk selokan yang tadinya kering, lambat laun mulai terisi dengan air hujan. Dalam waktu yang singkat, selokan di depan rumah mulai mengalirkan air menuju entah ke mana. Airnya keruh, meliuk-liuk seperti anakan sungai.

Memandangi hujan lebat di depan rumah yang airnya mengalir di selokan mengingatkan saya pada masa kecil. Dulu saya suka sekali merobek halaman tengah pada buku untuk dibuat kapal-kapalan kemudian dihanyutkan ke selokan. Kalau ada teman lebih seru lagi, kami biasa bermain balap kapal. Sambil berteriak saling menyemangati kapal masing-masing, kami akan sangat betah melongok ke selokan. Kami tidak akan berhenti meski ibu kami sudah berteriak-teriak mengingatkan kami. Satu-satunya yang membuat kami berhenti adalah apabila hujan tak lagi mengalirkan air ke selokan. Jika kapal tak lagi hanyut, kami akan sangat menggerutu. Sementara orang dewasa berharap hujan segera reda, sebaliknya kami berdoa supaya hujan turun dengan lebatnya.

Ada lagi permainan yang menyenangkan selagi turun hujan, yaitu hujan-hujanan. Terutama saat sepulang sekolah, saya dan teman-teman sepermainan akan dengan senang hati melepaskan sepatu-sepatu kami, menyusuri jalanan becek berlumpur, bermain air. Jika ada genangan air, kami akan buru-buru mendatanginya. Siapa yang tercepat dia yang akan menjadi pemenangnya. Karena selain menikmati genangan lumpur terlebih dulu, dialah yang dapat mencipratkan air lumpur itu ke baju teman-teman yang lain. Hihihi…

Pokoknya menyenangkan sekali saat turun hujan. Bagi kami, hujan adalah anugerah terindah yang pernah diberikan Tuhan. Diam-diam saya tersenyum seorangan, mengingat masa kecil yang begitu menyenangkan. Kemudian saya tersenyum lebih lebar menyadari masa sekarang, yang mana beberapa menit yang lalu saya menggerutu karena kehujanan. Seharusnya saya tetap bergembira seperti dulu kala…

©Tina Latief

One thought on “Hujan di Depan Rumah

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s