Evaluasi untuk Tahun Ajaran Baru

BAGI seorang akademisi, pergantian tahun selalu menjadi momen yang paling terasa dibandingkan dengan yang lainnya. Misalnya ketika berkaitan dengan rencana perkuliahan yang hendak dicapai. Pergantian tahun menjadi penting karena di sini tempatnya melakukan evaluasi.

Evaluasi yang dilakukan bisa beragam, seperti yang berkaitan dengan nilai-nilai akademis, prestasi, atau rencana jangka panjang. Sayapun demikian halnya. Mengingat perkuliahan di jenjang ini tidak panjang lagi, pergantian tahun cukup membuat dag dig dug sehingga saya pun tak ingin menunda untuk segera membuat evaluasi.

Singkat kata, saya ingin perkuliahan mendatang lebih produktif, aktif, dan efektif. Pengalaman semester kemarin menunjukkan bahwa saya tidak cukup produktif, tidak cukup aktif, dan tidak cukup gesit membagi waktu. Saya harus lebih jeli dalam mensiasati waktu, lebih disiplin dan menghargai waktu. Lebih baik jika saya menjauhi hal-hal yang tidak penting dan yang membuyarkan konsentrasi. Meskipun terdengar mengerikan (hihi) tetapi bukankah untuk hasil yang maksimal orang perlu kerja keras?

Sebenarnya akan lebih mudah membuat evaluasi ketika nilai sudah keluar. Sayangnya laporan nilai di SIAK belum ada. Meskipun demikian tidak ada salahnya membuat evaluasi lebih awal, toh pengalaman kemarin sudah cukup memberikan gambaran. Bagaimanapun hasilnya nanti, entah baik atapun buruk, perkuliahan mendatang tidak terlepas dari kerja keras kan :).

Ngomong-ngomong, selamat tahun baru! selamat menempuh tahun ajaran baru! πŸ™‚

Β©Tina Latief

2 thoughts on “Evaluasi untuk Tahun Ajaran Baru

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s