Hunting Isu Sosial di Kebun Binatang Ragunan

MINGGU pagi kemarin saya dan rombongan mahasiswa Sosiologi UI ke Kebun Binatang Ragunan. Kami mengadakan field trip bagi mahasiswa Sosiologi angkatan 2014 yang sedang mengikuti mata kuliah Keterampilan Sosial. Agak lucu juga ketika tajuk acara ini adalah untuk hunting isu sosial, karena biasanya orang ke kebun binatang adalah untuk liburan.

Orang awam (common sense) mungkin bertanya-tanya, kenapa mencari isu sosial di kebun binatang. Tetapi justru itulah yang ingin ditunjukkan oleh teman-teman pembimbing mata kuliah Keterampilan Sosial. Bahwa bagi seorang Sosiolog, isu sosial ada di sekeliling kita dan bisa ditemukan di manapun ia berada. Isu sosial bisa bermula dari hal yang paling sederhana. Menarik dan tidaknya, tergantung dari bagaimana seseorang mengangkat isu tersebut ke ranah publik.

Briefing Acara pertama dimulai dengan briefing oleh teman saya, Adi. Dia menjelaskan bagaimana teknis pelaksanaan field trip di KBR. Sembari menikmati waktu jalan-jalan, mahasiswa baru diminta untuk mengenali isu-isu sosial atau melihat momen-momen di sana dengan sudut pandang Sosiologi. Berbekal kamera dan gadget, mahasiswa baru meluncur ke setiap pelosok kebun binatang hunting isu sosial.

Suhu udara di KBR menjelang siang cukup menantang. Meskipun memang banyak pepohonan rindang dan warung-warung penjual minuman dingin, panasnya udara membuat kami kepayahan juga. Keringat tidak henti-hentinya mengalir, muka-muka cerah kami mulai memerah dan kelelahan. Air dingin, kipas, payung, menjadi teman paling dibutuhkan di kala perjalanan. Hari itu, tak lebih dari pukul 12 akhirnya kami menghentikan perjalanan.

D

C

Cc

Ee

Yang pertama kali saya lihat, jelas para mahasiswa baru nampak kelelahan. Di samping panas yang membakar, rasa lapar mulai terasa. Berbagai cerita mulai mengudara. Capek, panas, laper, bete karena ngga dapet-dapet isu, well… 🙂

Beberapa mahasiswa sempat kebingungan dalam mengerjakan tugasnya. Mereka masih bertanya-tanya dan menebak-nebak momen seperti apa yang memungkinkan diangkat menjadi isu sosial. Namun saya senang melihat mahasiswa baru belajar. Rasanya seperti melihat proses bagaimana saya belajar dulu, dari yang dulu commonsense, kemudian seiring berjalannya waktu, secara bertahab mampu berpikir beyond commonsense. Hihi..

Nah, itu sedikit cerita bagaimana selama setengah hari saya membuntuti maba. Selama di Ragunan, tentu saya juga menikmati suasana kebun binatang yang ramah itu.

Saya mengunjungi banyak binatang seperti harimau, singa, buaya, ular, ikan, beraneka burung dan tentu saja monyet. Sekilas, saya jadi teringat ketika ke sini dengan Mom. Saya senang mereka sehat dan terawat. Beberapa jenis ular bahkan telah bertambah populasinya dibandingkan kunjungan saya di tahun 2011 lalu.

Beruntunglah pengelola di sini baik dan kompeten dalam merawat satwa. Mereka benar-benar mau memperlakukan para binatang sebagaimana mestinya. Saat melihat ke kandang harimau, mendadak saya teringat nasip Melani, seekor harimau malang di Kebun Binatang Surabaya. Akibat perawatan yang sangat sangat tidak memadai, ia harus meregang nyawa di atas nasibnya yang entah siapa yang memerdulikannya.

Di dalam tulisan ini saya ingin turut membantu mendukung gerakan penyelamatan satwa di Kebun Binatang Surabaya. Mari kita bantu mereka yang tidak bisa berbicara untuk menyampaikan suaranya ke muka publik. Tandatangani petisi berikut, Petisi #saveKBS maka Anda akan turut membantu keberlangsungan hidup para satwa di KBS.

Satu suara dari Anda, sangat berarti bagi kehidupan mereka kini hingga seterusnya nanti. #saveKBS

♥♥♥Tina Latief♥♥♥

14 thoughts on “Hunting Isu Sosial di Kebun Binatang Ragunan

  1. Beby

    Aku beneran ngga tega kalok denger cerita binatang mati di KBS.. Keknya kok nelangsa banget gitu ya.. Mereka kan makhluk Tuhan dan punya nyawa jugak.. 😦

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s