Di Bangku itu Bersama Daun Sukun

image Dari Timur, matahari mulai bergerak ke tengah, meninggi. Sinarnya menerpa wajah-wajah yang baru saja turun dari bus kuning, sedikit menyilaukan. Sinarnya terus bergerak mengikuti langkah-langkah yang tergesa. Tepat di depan sebuah tikungan jalan, saya membelokkan diri setengah berlari. Sesekali melirik jam tangan berharap… cemas… Saya berharap detikan jam itu melambat barang sejenak.

Dari tikungan jalan itu, saya bawa langkah saya menaiki tangga menuju lantai 4 tempat di mana kelas diadakan. Nafas tersengal, disertai pegal yang mulai menjalar di urat-urat di kaki yang menegang. Di gedung ini memang tidak ada lift yang bisa membawa saya naik ke lantai 4. Tidak ada jalan lain untuk sampai ke atas selain mengandalkan tenaga sendiri. Saya sempat mengutuk diri karena tidak sempat menelan sedikitpun makanan pagi ini.

Sesampainya di tangga terakhir di lantai 4, perut saya bergejolak, berontak. Namun saya kerahkan juga sisa tenaga untuk membuka pintu bernomor 405 di hadapan saya. Dan setelah sempat berbalas senyum dengan dosen, sayapun kembali menutup pintu, keluar. Saya tidak bisa mengikuti pelajaran karena terlambat masuk kelas. “Siapapun yang terlambat lebih dari sepuluh menit tidak akan diizinkan masuk. Mahasiswa hanya diperbolehkan mendapatkan materi kuliah” begitulah bunyi kontrak perkuliahan yang kami sepakati.Β  Dan sesuai kesepatakan, maka sayapun tidak bisa mengikuti perkuliahan.

Meskipun seandainya saya bisa melakukan tawar menawar dengan dosen, namun peraturan adalah peraturan. Saya tidak ingin melanggar kesepakatan. Jika sudah terlambat ya apa boleh buat.

Maka saya kembali menekuni tangga, turun. Di bangku panjang di depan penjara ( nama tempat foto copy di Fisip Ui) saya berhentiΒ  untuk duduk seraya mengatur nafas. Beberapa kali saya menengguk air dari botol minum sambil mengamati keadaan sekeliling.Tidak ada siapapun di situ. Hanya ada saya, sendiri dan daun sukun yang telah gugur di tempat itu.

Well, selamat pagi!

6 thoughts on “Di Bangku itu Bersama Daun Sukun

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s