Membuat Review Buku Bagus

Seringkali hambatan saya menulis review sebuah buku terletak pada ketakutan saya menuliskannya. Loh bagaimana?

Kalau buku yang saya baca itu betul-betul bagus sementara tulisan saya jelek, nah ini, bahaya kalau saya tidak bisa menuliskannya dengan bagus pula. Kasihan yang telah menulis bagus, gara-gara saya nanti buku itu jadi terkesan tidak bagus. Seandainya ada orang yang membaca tulisan saya, orang bisa jadi tidak mau membaca buku itu.

Berbeda ketika saya menulis review bagus yang sesungguhnya bukunya tidak terlalu bagus. Nah, lain ceritanya. Saya malah bisa mengangkat harkat dan martabat (rating) si buku. He he he. Ini bagus. Karena saya bisa membuat penasaran orang dengan buku yang saya review dengan bagus.

Buku yang ingin saya tulis reviewnya adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk, novel karya Ahmad Tohari yang terkenal itu. He he. Siapa yang tidak kenal novel bagus ini. Nah, karena buku ini bagus, saya bingung mau menuliskan reviewnya bagaimana. Kalau Anda tau bagaimana mas Tohari menulis, mungkin Anda akan mengalami hal serupa, takut/bingung menuliskan reviewnya. He he he. Terlebih karena banyak kosakata Jawa yang tidak terlalu saya mengerti.

Tapi setelah saya pikir, seharusnya saya tidak perlu bingung apalagi takut menuliskan reviewnya. Saya harus tetap menulis. Toh kalau nanti tidak bagus, orang pasti juga akan langsung tau kalau reviewnyalah yang tidak bagus, bukan karena bukunya sehingga tidak akan memengaruhi minat membaca orang pada RDP.

Justru kalau review saya nanti tidak bagus, maka akan banyak berkomentar, mengkritik, atau memberi saran mungkin. Nah, ini justru menarik. Selain rating saya naik, waa, saya bisa banyak belajar menulis yang baik. Bukankah begitu?

Jadi saya mau menulis review. Anda, nanti silakan berkomentar…

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s