Legawa pada Kehendak Alam

Memandangmu… taken from: aminuddin01.files.wordpress.com

Dewasa ini seharusnya saya menyadari bahwa saya tidak bisa menikmati semua jenis makanan lagi. Seberapapun saya menyukainya, seberapapun saya menggandrungi jenis makanan tersebut, saya harus legawa bahwa sekarang saya tidak bisa seenaknya menikmatinya. Seberapapun saya ingin makan sebanyak-banyaknya, saya harus mematuhi kehendak alam. Saya harus makan secukupnya atau sama sekali tidak menyentuhnya.

Seperti ketika saya benar-benar suka jeruk Bali. Saya harus legawa kalau saat ini ia sudah tidak bisa seenaknya dinikmati. Jika dulu mungkin saya bisa menghabiskan sebuah utuh dalam sehari, lain halnya dengan sekarang, ia hanya bisa dimakan beberapa sisir saja.

Pernah beberapa kali saya mencoba, menikmati seperti ketika alam belum berkehendak apa-apa. Rasanya memang nikmat ketika bulir-bulir itu masuk, pecah melalui lindasan geraham, lalu menyemburkan rasa asam manis khas Jeruk Bali di mulut. Tapi setelahnya, kenikmatan itu menyebabkan rasa pedih dan menusuk di bagian lambung. Sakitnya bahkan tak sembuh dalam sehari. Menjadi pertanda perut saya kini tak lagi perkasa, bahkan sekedar untuk menampung asam jeruk yang berpuluh tahun sudah dikenalnya.

Sejenak saya jadi ingat salah satu kutipan di novel Ronggeng Dukuh Paruk “Seorang anak berlari-lari dari sawah sambi memegangi perut. DI depan rumahnya dia muntah terhuyung, dan jatuh pingsan. Ibunya yang sudah mulai merasakan sakit menyengat kepalangan, menjerit dan memanggil para tetangga. Sebelum para tetangga datang, anak itu telah meregang nyawa.”

Ini memang bukan karena keracunan tempe bongkrek, tapi meregang nyawa.. ah..

Saya harus ihklas ketika alam telah berkehendak. Inilah konsekuensi di mana saya dulu sering lalai makan. Adalah hukuman yang layak ketika diberi kesempatan namun tak dipergunakan. Sekarang saya tidak bisa melawan. Semakin saya memaksakan, hanya akan ada luka yang semakin mendalam.

Seperti apa yang terjadi sekarang…

3 thoughts on “Legawa pada Kehendak Alam

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s