Skala Waktu yang Tepat

skala waktu geologi

skala waktu geologi

Ketika ingin menuliskan review tentang Perubahan Sosial di Yogyakarta oleh Selo Soemardjan, saya menemukan sebuah pertanyaan. Pertayaan itu berkaitan dengan skala waktu yang digunakan.

Seperti halnya Emile Durkheim, Selo Soemardjan merupakan ilmuwan yang beruntung hidup di beberapa masa yang berbeda. Emile Durkheim dengan konsepnya tentang devision of labour menyebutkan pembagian kerja sebagai konsekuensi dari Revolusi Industri. Sementara Selo Soemardjan menjelaskan perubahan-perubahan sosial yang terjadi di Yogyakarta sebagai hasil dari 3 kekuasaan yang berbeda yakni pada pemerintahan Hindia Belanda, militeristik Jepang, dan akhirnya Republik Indonesia.

Jika melihat skala waktu geologi di atas, maka era/ masa berbeda dengan period/ zaman. Pertanyaan saya, di manakah sesungguhnya penempatan waktu pemerintahan Hindia Belanda, militeristik Jepang dan RI?

Karena jika masa dan zaman adalah sesuatu yang berbeda, maka penulisan dan penyebutannyapun juga harus berbeda. Meski seringkali orang menggunakannya untuk menyebutkan waktu yang sama.

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s