Cara Mengerjakan Ujian Nasional

jadwal ujian nasional sma

jadwal ujian nasional 2013-2014 dari edukasi.kompas.com

Siang hari, tiba-tiba ponsel saya di ranjang berbunyi. Bukan sebuah telpon atau messanger melainkan sebuah sms. Saya perhatikan nomor pengirimnya, tanpa nama. Entah nomor siapa yang menghubungi saya siang ini namun, tentu dialah seorang anak yang hendak melaksanakan ujian nasional Senin mendatang. Pesan itu berisikan permintaan doa agar dimudahkan dalam mengerjakan soal ujian.

“Mba, aku minta doanya ya. Besok Senin-Rabu Ujian Nasional supaya diberi kelancaran, teliti, diberi kemudahan dalam megerjakan soal ujian” 

Saya tersenyum membaca pesan tersebut. Mengingatkan saya pada beberapa tahun silam di mana saya berada pada posisi yang sama, tegang sebelum menjalani ujian nasional. Dulu saya juga seperti anak ini, minta doa sana-sini. Berharap doa tersebut benar-benar menyertai saya dan memudahkan perjalanan saya dalam mengerjakan soal ujian hingga tiba waktunya pengumuman kelulusan.

Saya termasuk orang yang percaya bahwa dengan meminta doa kepada orang akan membantu apa yang saya inginkan dikabulkan. Meskipun mungkin orang tidak benar-benar mendoakan saya seperti yang saya minta, yakni hanya menjawab permintaan saya saja. Namun, ketika orang berkata “Pasti kamu bisa. Semoga yang terbaik untukmu, semoga diberi kemudahan dan kelulusan oleh Tuhan Yang Maha Esa” saya merasa lebih yakin dan percaya bahwa saya memang bisa. Karena ketika orang berkata demikian, orang sudah memberikan sebuah dukungan/ support. Dan ketika orang lain mensupport, pasti Anda juga tau bagaimana rasanya. Bagi saya dukungan itu seperti sesuatu yang membakar semangat. Orang lain saja percaya kalau kita bisa, jadi mengapa saya tidak?

Meminta-minta doa sebetulnya adalah sesuatu yang saya pelajari dari generasi sebelum saya, kakak-kakak kelas saya. Saya tidak tau mengapa ujian selalu dianggap suatu hal yang menakutkan, dan anehnya anggapan itu menurun hingga sekarang. Sehingga berdoa sendiri saja tidak cukup, begitu katanya. Makanya timbullah inisiatif untuk meminta doa, berdoa bersama, hingga saling bermaaf-maafan bak lebaran.

Belajar dan berdoa mungkin sudah sering disinggung sebagai kunci dari kesuksesan ujian. Tetapi pengalaman saya selama mengikuti berbagai macam ujian, mentallah yang paling menentukan keberhasilan.

Mental berkaitan dengan ketenangan dan kemantapan seseorang. Bila mentalnya terganggu, maka pikiranpun akan sama terganggu. Sehari-dua hari sebelum ujian sebaiknya pikiran tidak dibebani macam-macam. Tidak perlu lagi belajar semalaman, apalagi wayangan. Selama dua hari menjelang ujian biasanya saya menghindari buku dan materi ujian. Yang saya lakukan adalah mencari ketenangan, dengan refreshing, main, nonton apapun yang menyenangkan pikiran. Termasuk menghindarkan diri dari pikiran tentang apa yang akan terjadi kemudian.

Mungkin ada kalanya siswa terbayang kehidupan setelah kelulusan. Kecewaan belum bisa kuliah sekarang, terbayang kerumitan dunia kerja, biaya sekolah yang mahal dsb sehingga berniat mengerjakan ujian asal-asalan. Asal lulus. Nah ini, bahaya. Orang bisa putus asa sebelum berperang.

Orang sering lupa bahwa orang tidak tau apa yang akan terjadi kemudian. Padahal bisa jadi sekarang belum ada kesempatan tapi di lain waktu akan ada banyak peluang. Sehingga rugi sebetulnya mengerjakan asal-asalan. Karena apa yang dikerjakan sekarang akan berdampak pada kehidupan mendatang.

Nah, ujian nasional bagi siswa SMA adalah dua hari kemudian, Senin-Rabu mendatang. Mendoakan sih tentu saya doakan untuk kesuksesan ujian, tapi kalau tips dan trik mengerjakan soal ujian, apalagi kunci jawaban saya tidak punya. Hanya, jika saya dimintai pendapat  bagaimana mengerjakan soal ujian, jangan sekali-kali dikerjakan asal-asalan. Kerjakanlah sebaik-baiknya, maka semoga hasilnya yang terbaik pula.

Selamat ujian nasional adik-adik, semoga sukses! 🙂

One thought on “Cara Mengerjakan Ujian Nasional

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s