Pesta Api Unggun dan Cerita Hantu

13893719792591

Malam itu saya membuntuti anak-anak Prisma merapat ke api unggun. Mungkin karena gagal dalam acara bakar-bakar malam tahun baru kemarin (karena saat malam tahun baru hujan deras), anak-anak Prisma yang kurang dari lima orang itu lantas berinisiatif mengadakan pesta api unggun.

Meskipun tidak dibarengi persiapan khusus, acara malam itu berlangsung meriah. Bukan hanya beberapa ekor lele gemuk dan jagung bakar hasil rampasan kebon Mbah Marto yang berhasil menyemangati pesta, namun cerita-cerita hantu dan tempat angker yang berkembang di masyarakat setempat membuat kami betah begadang disekitaran hangatnya api unggun sambil sesekali mengerikit jagung bakar dari kebon Mbah Marto.

***

Cerita hantu bukanlah favorit saya -secara saya takut dengan hantu. Namun saya berusaha khusuk mendengarkan cerita hantu versi anak-anak tersebut. Unik saja, mereka ini takut hantu namun bersemangat untuk bercerita hantu. Hehe

13893719609020Intinya sih tidak jauh berbeda dengan cerita-cerita hantu yang sering saya dengar sebelumnya. Kondisinya, si pencerita selalu bersemangat menceritakan pengalaman sendiri atau orang lain yang katanya ketakutan melihat hantu, sedangkan si penyimak jarang-jarang mereka mengkritisi kebenaran cerita, malahan ikut menambahkan bumbu-bumbu penyedap ke dalam cerita agar terkesan seram dan faktual.

Model cerita seperti ini sering terjadi di sekitar kita, dan kita tidak tau bahwa efeknya negatif.Β Ketika cerita hantu bohongan tersebut berhasil membuat takut, orang yang semula tidak mengenal takut, bisa-bisa dihinggapi rasa takut selamanya pada hal yang belum tentu benar. Akibatnya muncul pola pikir dan kebiasaan baru seperti rumah berhantu, jamaah ke masjid tidak berani, keluar malam minta ditemani, dsb.

Saya sendiripun menyadari rasa takut pada hantu yang menghinggapi saya hingga saat ini adalah efek dari mendengarkan cerita-cerita horor. Namun entah mengapa sulit tidak mendengarkan cerita saat ngumpul bareng seperti ini. Dan lagi, kebiasaan untuk tidak menambah-nambahi/ membumbui cerita semakin sulit saja.Β Habis, seru sih melihat muka-muka ketakutan.

Nah…

6 thoughts on “Pesta Api Unggun dan Cerita Hantu

  1. Nadya

    Kalo lagi ngumpul gitu, cerita hantu selalu jadi favorit gw, biarpun suka bikin parno. Tapi yasudahlah, kalo dipikirin kan makin parno jadinya πŸ˜†

    Like

    Reply
  2. arip

    Iya, emang kadang ditambahin bumbu-bumbu ceritanya.
    Dan meski penakut, tapi kalau dikasih cerita horor suka penasaran aja buat ngikutin. Apalagi kalau lagi di alam terbuka.

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s