Memilih aplikasi untuk ponsel android

Apakah Anda pengguna ponsel Android? Bagaimana cara Anda memilih aplikasi untuk ponsel tersebut?

Beberapa hari ini saya sedang kepingin mendownload lagu-lagu favorit dari ponsel Android. Namun saya mengalami kesulitan dalam memilih aplikasi music/ mp3 downloader di app store.

Kesulitan saya adalah memilih aplikasi mana yang paling nyaman dan mudah digunakan untuk membantu saya mendownload lagu yang saya inginkan. Masalahnya saya belum memiliki referensi aplikasi mana yang baik digunakan. Sedangkan ada banyak sekali jenis aplikasi downloader yang tersedia di app store baik yang mungkin bagus ataupun yang tidak. Tentu repot mengenali satu persatu ratusan aplikasi yang belum kita mengerti. Seperti orang buta, tanpa memiliki data/referensi kita jadi susah membuat keputusan.

Nah, yang membuat menarik sebetulnya bukan aplikasi mana yang baik digunakan, tetapi bagaimana cara seseorang memilih aplikasi. Jalan apa yang akan ia tempuh untuk mendapatkan aplikasi yang ia inginkan untuk ponselnya.

Saya bukanlah penggila gadget maupun seseorang yang hobi mengotak-atik software. Untuk memenuhi kebutuhan aplikasi pada ponsel, saya tidak melakukan apa yang mungkin dilakukan mereka seperti misalnya memeriksa komponen aplikasi.

Jalan yang saya tempuh-andalan saya- adalah dengan cara googling dan membaca review dari pengguna aplikasi tertentu. Cara ini cukup efektif bila kita ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi. Umumnya review memang membantu, meskipun memang ada beberapa review yang justru menyesatkan.

Simple MP3 Downloader is so simple that even a kindergartener could use it.

Phew…Apakah penulis review ini menulis hanya untuk kepentingan perusahaan software semata?

Jalan lain yang saya pilih adalah mengikuti arus banyak orang, memilih app berdasarkan rating. Hehe yang ini lucu karena kita memilih bukan berdasarkan kondisi software. Dengan cara ini jelas, ada yang sesuai kebutuhan dan ada yang tidak. Resiko anut grubyuk, ada enaknya dan ada celakanya.

Memilh jalan mencoba-coba sendiripun saya lakukan. Kalau ini experience-nya lebih terasa. Kesalahan maupun kepuasan benar-benar kita rasakan sebagai hasil jerih payah sendiri.

Cara terakhir, yang biasanya saya lakukan kalau sudah pusing, adalah dengan bertanya. Bertanya pada siapa tentunya pada orang yang tau masalah gadget, suka software engineering, dan suka ngoprek. Hehe..
Dan biasanya cara ini merupakan cara ampuh yang dapat menyelesaikan masalah dengan tuntas karena ada bonus plus plus yang tidak terdapat pada bacaan, misalnya kita bisa tanya jawab langsung mengenai kondisi aplikasi.

Nah, kalau Anda bagaimana cara Anda memutuskan/mendapatkan sesuatu? Apakah dari cara yang saya gunakan juga Anda lakukan?

5 thoughts on “Memilih aplikasi untuk ponsel android

  1. Agung Talaga

    Kalau saya waktu masih pake tablet android kemarin, kerjaan saya tiap hari yaitu instal dan uninstal aplikasi yg mau saya gunakan pada tablet andro saya. Misalkan saja aplikasi yg mana yg paling bagus untuk digunakan untuk membuat screenshot pada layar tablet andro tsb, cara yg saya gunakan yaitu instal dulu beberapa aplikasi untuk membuat screenshot setelah itu saya bandingkan fitur2nya dan pada akhirnya cuman satu yg saya anggap paling bagus dan cocok untuk saya gunakan.. πŸ˜€

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s