Foto makanan dan tahun baru 2014

image

image

Bagi saya foto-foto ini tidak kalah menarik dengan foto-foto acara tahun baru yang (mungkin) dilangsungkan semalam. Sejak memutuskan untuk tidak pergi ke mana-mana selama periode tahun baru ini, saya berusaha mencari kegiatan yang menyenangkan di rumah. Salah satu yang saya lakukan berkaitan dengan foto di atas.

Sore sebelum menjelang malam tahun baru, Mom menyempatkan membuat kudapan tradisional. Namanya meniran.

Meniran terbuat dari beras yang digiling kasar (menir). Dibuat menjadi adonan bercampur kelapa parut, lalu dibentuk seperti nasi kepal atau onigiri (makanan khas jepang).

Bedanya dengan nasi kepal, meniran memiliki aroma daun salam yang begitu khas. Daun salam dicampurkan dan turut dikukus setelah adonan menjadi bentuk kepalan. Seluruh permukaan kepalan dilapisi dengan saun pisang. Selain memberikan sentuhan keindahan, daun pisang turut menyumbangkan aroma yang sedap pada meniran.

Soal rasa mungkin yang ini tergantung selera. Secara umum rasanya masih sama seperti nasi. Biasanya meniran akan dihidangkan bersama makanan pendampingn seperti tahu atau tempe bacem. Namun yang inipun tergantung selera. Soal pendamping, meniran bersifat fleksibel.

Lalu apa kaitannya dengan tahun baru?

Selain menikmati meniran ini tentunya, saya pergunakan kesempatan kali ini untuk belajar memfoto makanan. Karena di luar hujan, tidak ada momen pesta atau perayaan yang bisa diabadikan. Jadi saya pergunakan waktu kali ini untuk memotret apa saja yang menarik di sekitar saya.

Berkali-kali saya mengambil foto makanan ini hasilnya selalu jelek. Kalau tidak fokus alias ngeblur, pasti komposisi dan sudut pandangnya yang jelek. Berapa kali ya saya mengambil foto sepiring meniran tadi? Hehehe ternyata menghasilkan foto yang bagus itu susah juga …

Foto yang saya hadirkan di atas adalah yang menurut saya paling bagus. Entah bagaimana pendapat saudara hehe… Yang jelas saya senang bisa belajar foto-foto sekaligus menghadirkan kehangatan malam tahun baru bersama keluarga.

Tahun baru kali ini memang istimewa, seperti meniran buatan Mom. Nyamm…
Selamat tahun baru 2014 πŸ™‚

One thought on “Foto makanan dan tahun baru 2014

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s