Menghadiri kondangan dan fakta sosial

Hidup di tengah masyarakat itu mudah sekaligus susah. Mudahnya karena setiap saat kita bisa mengandalkan tetangga dan kerabat atas kebutuhan kita sebagai makhluk sosial. Susahnya karena meskipun kita bagian dari mereka, kita tetap tidak bisa berbuat semaunya. Ada aturan/ custom tertentu yang harus kita ikuti sebagai bagian dari society.

Bagi saya dilematis ketika hal yang tidak saya suka menuntut untuk saya lakukan. Namun begitulah kenyataan tinggal di masyarakat. Suka tidak suka bahkan kitapun akan terbiasa melakukan suatu hal dengan terpaksa.

Sebagai orang yang tidak begitu menyukai pesta adat, terkadang saya harus melawan egoisme untuk terlibat dalam kumpul-kumpul obrolan kurang menyenangkan seperti menggosip dan rasan-rasan. Terkadang saya harus melawan rasionalitas kalau apa yang saya lakukan ternyata mengikuti alur yang tidak masuk akal. Misalnya seperti penentuan uang sumbangan bagi si empunya pesta. Mengapa orang (yang kebanyakan bukan si pemilik pesta) justru mempermasalahkan besaran uang sumbangan yang diberikan? Bukankah kita datang seharusnya untuk berbahagia atas bertemunya dua hati yang direstui, bukan untuk unjuk kekayaan siapa penyumbang terbesar?

Namun mau bagaimana lagi, itulah custom yang berlaku di sini. Sebagai bagian dari komunitas, saya harus mengikutinya bagaimanapun tidak sukanya saya pada aturan itu. Kalau tidak ingin dianggap lalu oleh masyarakat, tidak ada jalan lain selain mengikutinya.

2 thoughts on “Menghadiri kondangan dan fakta sosial

    1. Tina Latief Post author

      ya itu, ikut sebagai syarat itu maksudnya kan ikut memenuhi kebutuhan sosial di situ. Nama lainnya fakta sosial..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s