Sukseslah astronaut Indonesia!

Sebelumnya, ku ucapkan selamat kepada Muhammad Sidharta, Rizman Adhi Nugraha, dan Abraham Gamaliel Figrana yang akan berkesempatan mengangkasa. Keberangkatan mereka ke Orlando, Amerika Serikat untuk mengikuti serangkaian pelatihan selanjutnya merupakan prestasi yang membuatku bangga. Ini sedikit mengingatkanku pada cita-citaku dulu.

Dulu aku juga ingin menjadi seorang astronaut.

*****

Sebatas aku bisa mengingat, kala itu sepulang dari shalat berjamaah di masjid, bintang-bintang terlihat ambyar di langit. Elok sekali tatanan bintang-bintang itu, kerlap kerlipnya yang berwarna-warni itu membuatku penasaran, ada apa di sana.

Yang menarik lainnya adalah bulan. Seperti yang kita tau, bulan itu memesona sekali ketika sedang purnama. Selain cahayanya membuat malam seperti siang, permukaan bulan yang terlihat hitam-hitam berpola itu menjadi ketertarikanku tersendiri. Apa iya itu sosok bidadari mangku kucing (bidadari yang sedang memangku kucing) seperti yang di bilang nenek? 🙂

Masa belajarku di IPA dulu sempat mengajarkanku banyak tentang gambaran planet-planet dan luar angkasa. Bagaimana teori big bang membentuk jagad raya ini membuatku makin banyak ingin tau tentang luar angkasa.

Melalui pak Kamanto Sunarto ku dengar cerita tentang Dr. Pratiwi Sudarmono, dosen FKUI sekaligus calon astronaut Indonesia pertama yang tidak jadi diterbangkan karena pertimbangan keselamatan dan keamanan setelah terjadinya kecelakaan dalam peluncuran. Aku sempat berpikir, bisakah aku menggantikannya? Menurut pak Kamanto, “Kalau dosen senior saja bisa, anda tentu bisa”.

Namun mungkin mimpiku tidak segigih mimpi kakak-kakak calon astronot itu (Muhammad Sidharta, Rizman Adhi Nugraha, dan Abraham Gamaliel Figrana). Kini, aku masuk universitas dan belajar ilmu sosial. Fokus perhatianku saat ini adalah ilmu sosial dan seperangkat pengalaman yang ada di dalamnya. Tentu aku tidak mungkin menghandlenya secara bersamaan.

Namun, aku tidak menolak jika suatu saat nanti ada kesempatan yang menghampiriku untuk mencoba mengangkasa. Aku pun akan dengan suka cita menyusul :).

Seperti yang dimuat dalam liputan6.com, rencananya, tiga calon astronot Indonesia tersebut akan berangkat ke Global Space AASA di Florida, Amerika Serikat pada Desember 2013 mendatang. Mereka akan bergabung dengan beberapa peserta dari negara lain dan akan dilatih menghadapi tekanan gravitasi menggunakan pesawat tempur.

Well, sepintas menyenangkan sekali aktivitas mereka bersama pesawat dan berbagai macam perlengkapan lainnya. Tak heran jika mereka sangat bersemangat. Aku hanya bisa ikut senang, Indonesia bisa menunjukkan kontribusinya pada momen seperti ini.

Sukses untuk astronaut Indonesia!

18 thoughts on “Sukseslah astronaut Indonesia!

  1. DV

    Kamu brilian karena menghadirkan tulisan-tulisan di sini dengan pilihan diksi nan sederhana tapi renyah. Menandakan kamu adalah pribadi yang punya semangat baik 🙂

    Salam kenal! 🙂

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      Terimakasih mas Donny, semoga saya tetap rendah hati dan banyak belajar kalau diberi cobaan dengan sanjungan seperti ini.

      Salam kenal mas..
      Btw, saya ngefans sama tulisan-tulisan mas Don..

      Like

      Reply
  2. Iwan Yuliyanto

    Selamat buat Muhammad Sidharta, Rizman Adhi Nugraha, dan Abraham Gamaliel Figrana
    Saya merasa bangga mendengar keberhasilan kalian semua.
    Semoga menjadi teladan bagi remaja-remaja di Indonesia untuk mempunyai cita-cita yang tinggi dan berprestasi.

    Buat penyaji jurnal yang informatif ini, semoga kelak suatu saat nanti ada kesempatan yang menghampirimu untuk mencoba mengangkasa, dan tidak ada halangan untuk mengangkasa juga. aamiin. Jangan lewatkan nonton film Gravity yang versi 3D 🙂

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      terimakasih mas Iwan..
      sepertinya mustahil memiliki cita-cita yang terlampau unik seperti saya, tetapi jika ada doa dan dukungan seperti ini, saya tidak merasa itu mustahil..

      wah saya belum nonton tuh, masih tayang di bioskupkah?

      Like

      Reply
      1. Iwan Yuliyanto

        Gak ada yang mustahil, ingat aja prinsip ini:
        “Shoot for the moon. Even if you miss, you’ll land among the stars.”

        Wah, sayangnya film-nya udah lewat beberapa minggu yang lalu. Tinggal nonton DVD-nya tapi kudu layar lebar atau projector, agar dapat nuansa efek angkasa luarnya. Ini trailer-nya.

        Like

    1. Tina Latief Post author

      Wah kalau itu sih saya mau banget, aku ngefans sama Iron Man, tapi kurang realistis mas kalau mau pakai super suite kaya punya Tony hehe..

      Amrik saja sepertinya belum 🙂

      Like

      Reply
      1. Tiyo Kamtiyono

        Hehehe… Sama mbak, fans berat Iron Man, pengen punya Jarvis sendiri 😀

        Memang sih, yang seperti itu belum ada, tapi kemarin pernah baca kalau mereka udah mau buat yang seperti Tony.

        Like

  3. mysukman2012Ibrahimku

    sejatinya, jika Habibi masih dihormati sebagai anak bangsa yang pintar, bukan tidak mungkin akan banyak anak-anak Indonesia yang bisa terbang ke angkasa. Sayangnya Habibi legih dihargai secara manusiawi di Jerman. Negara dimana pertama kali tumbuh teknologi.

    Meski demikian, saya cukup bangga membaca ada orang Indonesia yang berkesempatan untuk turut terbang ke angkasa, meski statusnya masih nebeng…

    salam kenal Mbak Tina…

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s