Jeda untuk adzan

Barusan adzan Zuhur berkumandang. Suaranya terdengar jelas karena letak mushola persis diseberang kamar. Buru-buru saya menghentikan acara browsing-browsing di internet. Sejenak mendengarkan adzan.

Saya jadi ingat cerita Bu Swaibah, guru agama Islam di SMA, sepulang dari ibadah haji. Beliau bercerita, salah satu yang membuatnya kagum selama di sana adalah kehormatan masyarakatnya kepada perintah sholat. Di tanah suci juga banyak pedagang, namun pedagang di sana berbeda dengan pedagang di Indonesia. Ketika mendengar adzan, mereka serta merta menutup kiosnya dan mengusir para pembeli. “Haram, haram” kata bu guru menirukan teriakan si wanita pemilik kios. Acara jual-beli akan dilanjutkan kembali ketika selesai sholat.

Jika dibandingkan dengan yang terjadi di sekitar saya, jelas kontrasnya di mana semua kegiatan dan rutinitas di sini hampir tidak ada jedanya. Jangankan jeda untuk mendengarkan adzan, sekarang aturan jam belajarpun ada pula yang sengaja dibuat hingga melebihi waktu shalat Jumat. Padahal, pendidikan formal merupakan salah satu saraa utama penanaman nilai-nilai dan moral. Jika dalam kegiatan belajar-mengajarpun kurang mengajarkan pemaknaan terhadap jeda, lalu mau diajarkan di mana?

Memang hanya adzan, bagi yang adzannya panjang pun mungkin tidak sampai 10 menit. Tapi bayangkan jika dalam waktu 3-5 menit saja kita bisa memberikan jeda pada pikiran dan rutinitas kita,Β saya yakin otak dan raga ini tidak akan terlalu capai. Akan ada waktu di mana seseorang bisa menenangkan diri sebelum melanjutkan pekerjaan lagi.

Bukankah pada dasarnya manusia juga perlu berkomunikasi dengan Tuhannya? Jadi sudah seyogyanya kita memberikan jeda yang cukup untuk, setidaknya, memenuhi panggilan-panggilan-Nya.

4 thoughts on “Jeda untuk adzan

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s