Kapan memutuskan waktu makan?

Kapan memutuskan untuk makan? Ada yang menjawab, tentu saja ketika waktu makan sudah tiba. Ada pula yang menjawab, tentu saat perut sudah lapar. Kedua jawaban itu memang logis. Apa lagi yang membuat seseorang makan kalau bukan karena lapar.

Tetapi benarkah seseorang akan serta-merta memutuskan untuk makan ketika perut sudah terasa lapar? Coba kita lihat lagi bahwa jawaban diatas sebenarnya hanyalah mengacu pada mekanisme pencernaan manusia. Seseorang akan makan kalau pencernaan sudah menuntutnya. Lalu, bandingkan ketika ada teman-teman yang berada disekitarnya. Kira-kira apakah seseorang akan seketika memutuskan untuk makan?

Jawabannya, tidak. 

Selapar apapun, jika seseorang merupakan bagian suatu kelompok yang sangat intim interaksinya pasti akan meminta pendapat kepada anggota kelompok lainnya. Ketika sudah ada keputusan mengenai waktu, tempat, dan jenis makanan , barulah mereka makan bersama-sama. Jadi keputusan itu dihasilkan bersama, bukan merupakan keputusan individual. Ada sesuatu yang memaksanya untuk tidak mendahului atau menjadi paling akhir dari sebuah kelompok. Sehingga keberadaan kelompok besar pengaruhnya terhadap seorang individu. Bahkan turut membentuk perilakunya. 

Jadi, misalnya ada orang tua yang sulit menghilangkan perilaku merokok pada anaknya, itu karena pengaruh kelompok sepermainannya sangat kuat. Although it is little, small group is not simpler.

3 thoughts on “Kapan memutuskan waktu makan?

  1. danirachmat

    emang bener sih Mba Tin soal ini. Kalo bareng-bareng biasanya emang gitu. Sebaliknya bisa juga kejadian, kalo yang lain belom laper tapi kemudian ada yang udah kelaperan banget dan makan duluan bisa aja yang lain ikut makan. Hehehe

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s