Cantik itu adalah yang seperti ….

Lagi-lagi iklan menawarkan produk kecantikan agar kulit bisa berubah putih. Semuanya menawarkan upaya untuk menjadi putih. Tidak ada yang menawarkan kulit sehat. Seakan-akan putih di sini adalah sama dengan cantik. Padahal cantik kan tidak harus putih.

Menurut Anda, cantik itu yang seperti apa? Putih, punya kaki jenjang, langsing, rambut panjang, bohay hehe… (apa lagi sebutannya?)

Sebagai seorang gadis, saya pun juga bisa merasa kagum jika melihat gadis yang cantik seperti itu. Tetapi saya sadar, cantik yang seperti itu hanyalah Β fisiknya. Jadi ketika saya mengagumi kecantikan seseorang, di sini sebenarnya saya sedang mengagumi ciptaan Tuhan. Tentu saja bagus, mulus, seksi, perfect, ciptaan Tuhan gitu loh…

Tidak perlu dipermasalahkan. Semua ciptaan/ karyanya pasti bagus (bisa tujuan, makna dsb).

Yang membedakan (dan bisa dipermasalahkan) hanyalah pada intern personalnya. Biarpun cantik (dalam konteks di atas), tapi kalau melihat gadis yang kalau bicara ngawur, tolol, buat saya tetap tidak cantik.

Cantik menurut saya itu harus cerdas. Dengan cerdas, maka bicaranya juga bisa bagus. Dengan cerdas, maka dia tau bagaimana menempatkan diri dalam berperilaku. Pola pikirnya bagus. Ini yang bikin iri. Masalahnya ini terkait dengan ciptaan personalnya. Terkait upaya seseorang untuk menjadi cerdas, rajin dsb. Kalau dia bisa cerdas -secerdas itu- siapa yang tidak iri. Kalau bisa menciptakan diri seperti itu, kan orang hebat. Layak dong disebut cantik!

Belakangan ini kita dihebohkan dengan gaya bicara Vicky. Nah, yang ini jelas tidak cantik…

4 thoughts on “Cantik itu adalah yang seperti ….

  1. temancantik

    Cantik yang terpenting adalah cantik yang berasal dari hati. Cantik fisik lama-kelamaan juga akan pudar dimakan waktu dan usia. Berbeda dengan cantik dari dalam hati dan pikiran. Dengan hati dan pikiran yang bersih, perkataan dan tindakan kita juga akan menjadi cantik.

    Cantik itulah yang akan terpancar dari dalam diri. Dan tak akan pernah pudar sekalipun kita beranjak tua. Bahkan ditambah dengan kebijaksanaan, kecantikan itu akan semakin lengkap.

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s