Terganggu dengan kandang ayam

Kemarin saya memposting tentang ayam, sekarang coba kita bahas kandangnya sejenak.

Ceritanya seharian kemarin saya plesiran. Mulanya saya dan teman saya hanya berniat mengunjungi kebun buah Mangunan di Bantul. Namun entah angin apa tadi yang membawa kami hingga ke Parangtritis. Intinya, setelah kami menerima pesan konfirmasi mas Bayu Hermawan (salah seorang teman blogger yang rumahnya dekat Parangtritis), kami nekat pergi menyusuri jalanan berkelok dibawah perbukitan yang curam-curam itu.

Perjalanan pun berjalan mulus. Teman saya yang biasanya suka nubruk-nubruk kalau bawa motor, kali ini bisa melajukan motornya dengan sangat baik. Mungkin didukung oleh Jalanannya yang bagus dan halus. Jadi ketika mata yang seharusnya was-was dengan kondisi jalanpun tidak khawatir meski sambil jelalatan memandangi keindahan pemandangan sekitar.

Hanya satu malangnya. Segarnya udara pegunungan yang menjadi pelengkap kenikmatan selama perjalanan sempat terganggu dengan bau menyengat yang berasal dari kandang ayam di sepanjang jalan. Bau busuk bercampur bau khas makanan ayam buatan pabrik tercium keras dari balik kaca helm hingga sekitar 1km jauhnya. Membuat saya menahan napas beberapa menit. Benar-benar mengganggu.

Benar. Pemilihan lokasi ternak yang dekat dengan jalan memang strategis. Mempermudah distribusi dsb. Namun, apakah tidak ada yang merasa terganggu dengan bau yang menyengat itu? Bukankah kandang yang baik seharusnya tidak menimbulkan bau…

Ide warga memberdayakan usaha ternak ayam memang bagus. Namun hendaknya kebersihan lingkungan juga diperhatikan. Daerah itu kan indah. Sayang kalau orang yang mengaguni keindahannya harus menutup hidung karena bau tak sedap.

Hehe. Tapi untungnya teman saya benar-benar bisa membawa motor dengan baik kemarin. Karena kalau tidak, kami aka lebih lama menahan napas di sana. Syukrlah, perjalanan kami lengkap menyenangkan.

One thought on “Terganggu dengan kandang ayam

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s