Term “Mbak” ada berapa makna?

Suatu ketika salah seorang teman wanita saya marah. Pasalnya, saya dikira menyamakannya dengan pembantu. Bagaimana bisa? Mulanya saya juga bingung.

Saya tidak tau kalau “mbak” memiliki makna lain bagi setiap orang. Bagi saya keturunan Jawa, kata “Mbak” maknanya ya hanya satu. Tidak berkonotasi ataupun berstrata. Namun bagi dia orang Lampung, kata “Mbak” sama artinya dengan pembantu. Saya bingung. Memangnya “mbak” ada berapa makna?

Selama ini saya belum pernah mendengar sebuah rumah tangga, khususnya Lampung, memanggil pembantu-pembantunya dengan sebutan “mbak”. Yang paling sering saya dengar “bibi”, atau dipanggil namanya langsung. Untuk kasus teman saya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga itu, ternyata dia selalu dipanggil “mbak” oleh majikannya. Pantas saja…

Jadi gimana ya… Pendapat ini saya kutip melalui komentar om Hery Nugroho Djojobisono, seorang Jawa tulen, di status Facebook saya.

Menurut evolusi etimologisnya, Mbok Ayu –> Mbakyu –> Mbak. Jadi, panggilan “mbak” itu sebenarnya merupakan “penghormatan” orang Jawa kepada perempuan yang lebih tua/lebih dihormati. Panggilan “mbak” yang ditujukan kepada pembantu (perempuan) sesungguhnya merupakan penghargaan kepada pembantu, bahwa yang bersangkutan telah ditempatkan pada strata sosial yang tidak berbeda dengan penghuni rumah yang lain. Bahwa kemudian terjadi reduksi atas makna “mbak” yang terkesan “rendah, leceh, dan sepele”, semata-mata itu hanya karena rendahnya daya nalar dan ketidak-ikhlasan mereka untuk menempatkan “pembantu” sebagai bagian dari anggota keluarga.

Hehe kok ngga pengertian banget ya. Ngga tau kalau yang manggil ini keturunan Jawa. Ah, tapi dia bukan sosiolog sih.. hihi

4 thoughts on “Term “Mbak” ada berapa makna?

  1. Milo

    memang ada beberapa tempat di luar Jawa yang panggilan “mbak” indentik dengan pembantu atau penjual atau semacam pekerjaan yang bagi mereka “agak rendahan”. teman saya yang orang Aceh sempat ngomel2 nggak mau dipanggil “mbak”. padahal, kalau di Jawa, dipanggil “mbak” itu biasa aja dan sopan.

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s