Jika cabai punah

Bayangkan jika suatu ketika cabai itu punah! Apa yang terjadi pada pecinta sambal dan lalapan? Bagi negara penghasil rempah-rempah seperti Indonesia, bukan hal aneh jika penduduknya suka mengonsumsinya. Saking sukanya orang lalapan juga tidak kira-kira. Tempe satu, cabai tujuh. Nasi secentong, sambal secobek. Kadang ada juga rumah tangga yang tidak bisa makan tanpa cabai. Pokoknya harus ada.

Makanya belum lama ini kecintaan orang pada cabai menjadi sasaran pembuat cemilan. Tidak tanggung-tanggung lagi. Anda tentunya tau kesuksesan Maicih menjual produknya. Berapa banyak cabai yang digunakannya?

Hanya sekedar guyon saja: Manusia rakus makan cabai, sekali makan jumlahnya banyak, lalu dikali jumlah manusia di bumi. Disusul modernisasi yang membuat orientasi pekerjaan petani berubah. Saya hanya membayangkan, apa yang akan terjadi jika cabai punah. Kira-kira apa solusi orang untuk menanggulagi kebutuhannya pada cabai? Apa yang akan menjadi bahan substitusi cabai?

Lalap lada, begitu? ๐Ÿ˜€

Selamat sore Ki Sanak, apakah Anda makan cabai hari ini?

6 thoughts on “Jika cabai punah

  1. peta

    kyaknya kemungkinan kecil kalo cabai bs punah, apalagi melihat kondisi geografis indonesia yg pas utk tanaman cabai.. cuman barangkali bukan cabainya yg punah tetapi sambal asli langsung ulekan dari cabai yg mau punah, krn diganti dg saos atau sambal instan lainnya.. -_-

    *waw pp-nya crow zero

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      hehehe, sebagai bayangan saja mas, soalnya manusia rakus banget dengan cabe. Sekali makan kan banyak, dibandingkan dengan banyak manusia di bumi dan didukung pula oleh modernisasi yang mendorong pemuda engga jadi petani… hehe seandainya..

      hehe, bagus kan mas? saya suka sama Serizawa ๐Ÿ™‚

      Like

      Reply
      1. peta

        ow, klo rakusnya sih iya.. entar klo kena usus buntu atau sariawan baru tw rasa.. -_-

        hmm rinda-man dong. ๐Ÿ™‚

        Like

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s