Dihadapkan dua pilihan

Ketika Anda dihadapkan oleh dua pilihan yang sama-sama berat, manakah yang akan Anda pilih? Apa yang menjadi alasan Anda memilih salah satu dari keduanya? Well, seseorang bisa jadi akan mempertimbangkan level prioritas kedua pilihan tersebut. Atau, orang biasanya mempertimbangkan tingkat resiko kerugian atas kedua pilihan tersebut. Kemudian baru menentukan pilihan yang membuatnya tetap aman.

Tetapi benarkah orang semudah itu menentukan pilihan?

Misalnya dalam kasusnya seperti ini:
Anda masih dalam kondisi tahap penyembuhan, jadi Anda harus minum obat dari dokter secara teratur. Di sisi lain, pagi ini Anda juga harus mengerjakan presentasi dan test evaluasi di kelas. Jadi kemungkinan besar Anda akan menghindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi Anda.

Dilemanya adalah:
Kalau Anda minum obat pagi ini, Anda akan mengantuk. Kemungkinan kantuk tersebut mengganggu konsentrasi Anda di kelas. Anda merasa khawatir nilai Anda tidak maksimal. Di lain hal, Anda harus teratur minum obat untuk kesehatan Anda segera mengingat ada banyak hal yang harus dikerjakan yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Sebenarnya sudah jelas, masalahnya cuma memilih segera sembuh atau berkorban satu nilai untuk menyelamatkan nilai yang lain. Tetapi bagi orang yang sudah menemukan logika terbaiknya sekalipun pasti ada kalanya masih dipusingkan dengan pilihan.  Karena menurut saya sudah sifat manusia, ada kalanya seseorang memaknai setiap halnya bernilai lebih sehingga sulit menentukan pilihan yang logis.

Kalau Anda menjadi saya, mana yang Anda pilih? Mana yang akan menjadi prioritas Anda jika Anda berada dalam kasus itu?

4 thoughts on “Dihadapkan dua pilihan

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s