Tidak sebagus novelnya

Kadang penonton di bioskup bisa sangat kecewa karena film yang baru saja ditontonnya tidak sebagus cerita di novel aslinya. Esensinya memang sama, tetapi bagian-bagian terpenting cerita justru dikurangi dengan porsi yang tidak sesuai. Akibatnya film menjadi kurang menarik, kurang greget dan tidak menggebrak. Menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan film tidak semenarik novelnya.

Kesulitan pembuatan film yang diangkat dari sebuah novel salah satunya berasal dari bagaimana mentranslate novel menjadi sebuah scenario yang ciamik. Skenario berbeda dengan novel. Novel memiliki keleluasaan mengungkapkan jalan cerita, sedangkan skenario tidak bisa leluasa karena dibatasi waktu. Inilah tantangan sutradara dan pembuat skenario. Selain dibatasi biaya, sutradara tidak mungkin memproduksi film yang akan membuat penontonnya kelaparan di bioskup.

Selain itu, menuangkan imajinasi dalam pembuatan film tidak seleluasa menulis novel atau drama. Penokohan dan jalan cerita dalam film lebih banyak digambarkan dengan dialog dan visualisasi film sedangkan drama lebih banyak menggunakan monolog. Untuk menyiasati jalan cerita yang panjang dan meminimalkan waktu, sutradara akan memunculkan cerita yang berbeda dengan di novel. Tentu Anda tau apa saja bagian-bagian film Harry Potter atau Twilight saga yang dikurangi dan dirubah. Bayangkan saja jika novel J.K Rowling dimuat seluruhnya di film, kira-kira mau selesai sampai kapan?

Seperti pekerjaan lainnya, pembuatan film juga memiliki kerumitan sendiri dalam proses pembuatannya. Wajar jika tidak semua film sesuai dengan ekspektasi penonton. Yang perlu kita ketahui adalah tidak ada pembuat film yang membuat filmnya asal-asalan. Semua sutradara yang cinta pekerjaannya pasti akan berusaha membuat penontonnya tidak kecewa. Kalaupun itu memang ada, maka sudah pasti ia tidak cinta pekerjaannya.

One thought on “Tidak sebagus novelnya

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s