Lebih memilih handphone

Mungkin inilah yang disebut gejala impersonal. Orang sekarang lebih memilih menunduk melihat handphone daripada menyapa sesama. Meskipun ini kota, tapi menurut saya tegur sapa itu masih perlu sebagai bentuk komunikasi antar sesama.

Kota memang tidak seperti desa. Dengan sifat dan kondisi kota yang kompetitif, orang tidak mungkin menghabiskan waktu bertegur sama di jalan sementara ia memiliki kepetingan yang lebih penting seperti bekerja atau kuliah. Terlebih bila orang itu belum kita kenal.

Namun kembali lagi, komunikasi bentuknya bisa beragam. Sederhananya, hanya dengan bahasa simbolik seperti tersenyum, mengangguk, menggeleng atau dengan menunjukkan raut muka pun orang akan mengerti apa yang komunikator maksud.

Namun bagaimana jika orang yang satu meter jaraknya dengan Ada tiba-tiba memilih menundukkan muka daripada memandang atau menyapa Anda? Ketahuilah yang saya tangkap dari gaesture ini adalah “Siapa kamu!”, “Masa bodoh denganmu”, “Aku tidak berkepentingan denganmu, so what!”. Meskipun tidak saling mengenal  saya pikir bukan masalah besar jika hanya sekedar memandang atau tersenyum dengan orang yang kita temui. Tapi kalau tiba-tiba menunduk? Padahal sebenarnya saat itu tidak ada hal penting yang perlu ditengok di handphone. Orang hanya beralibi untuk tidak menegur orang.

Sedemikian dahsyatnyakah dampak teknologi? Bukankah penemuan telephone bermula dari kendala komunikasi jarak jauh. Kalau sekarang yang jauh bisa menjadi dekat, seharusnya yag dekat tidak semakin jauh bukan?  Dan nampaknya menjaga sopan-santun di jalan sekarang juga semakin susah.

Tidak usah jauh-jauh, amati saja pasangan Anda saat Anda jalan-jalan. Apalagi dia seorang blogger atau sejenis onliner lainnya. Daripada menanggapi pembicaraan Anda, ia lebih suka dengan handphone-nya. Anda harus sadar kalau Anda diduakan dengan handphone. 🙂

Selamat beraktivitas Ki Sanak!

6 thoughts on “Lebih memilih handphone

  1. peta

    klo katanya pakdhe einstein, mereka tuh ‘generasi idiot’..
    -I fear the day that technology will surpass our human interaction. The world will have a gneration of idiots-

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s