Harta yang lebih berharga adalah….

df1be4b2-e6be-44c7-baec-bb5d02e98579
Tulisan ini saya peroleh dari teman masa SMP di Jogja. Bagi saya pernyataannya adalah sebuah kejutan. Jadi, beginikah rasanya ketika telah menjadi seorang ibu dan orang tua?

Dulu, mungkin harta paling berharga baginya adalah segala macam benda yang berhubungan dengan Harry Potter. Katika bertemu di kelas, tidak ada obrolan lain yang lebih mengasyikkan kacuali Harry Potter dan novel. Tapi kini lihat mindsetnya! Beberapa kali saya lihat status FB-nya, sekarang isinya hanya dia, anak, dan keluarga. Kini ia telah menjadi orang tua. Tidak ada harta yang paling berharga selain anak dan keluarga. Sebuah pengalaman sekaligus pelajaran yang tidak akan pernah saya rasakan di bangku kuliah.

74179_195439287268763_616755354_nNamanya Diana. Dulu kami teman satu SMP. Kami hanya sempat bertemu beberapa kali saat SMA karena sudah tidak satu sekolah. Terakhir kami bertemu ketika saya tak sengaja berpapasan dengannya saat liburan di Jogja. Dari perjumpaan tak terduga itu, saya baru tau bahwa Diana telah berkeluarga. Shifa Aska adalah nama putrinya.

Saya tidak tau apa alasannya, namun memutuskan untuk menikah di usia muda adalah sebuah keputusan Diana yang sampai sekarang belum bisa saya mengerti dengan baik. Memang kadang ada yang lebih baik menikah saat masih muda. Dan saya yakin, keputusan ini adalah yang terbaik bagi Diana.

Dari status Facebooknya, Diana termasuk ibu sekaligus orang tua yang peduli dengan anak. Percaya atau tidak, yang saya khawatirkan ketika teman-teman saya memutuskan untuk menikah muda adalah nantinya dia tidak bisa peduli kepada anak dan keluarganya. Kita semua tau bahwa mendidik anak itu tidak mudah. Perlu pengetahuan, keahlian, dan kesabaran tingkat tinggi. Selain pada teman akrab, kepedulian saya adalah pada generasi yang akan dia bentuk. Saya sangat berharap teman-teman saya turut memperdulikan hal itu. Karena kesulitan yang lebih besar akan datang seiring dengan bertambahnya usia anak.

Namun, sepertinya saya tidak perlu khawatir lagi. Pernyataan Diana menunjukkan bahwa dia termasuk ibu yang mau berkomitmen demi kebaikan anak. Itu menjadi salah satu indikator bahwa ia seorang ibu memiliki tanggung jawab terhadap anak. Saya yakin ia akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Semua orang tua memang harsu begitu bukan?

Semoga Shifa menjadi anak yang cerdas dan berbakti..

4 thoughts on “Harta yang lebih berharga adalah….

  1. h0tchocolate

    betul mbak, saya juga heran melihat teman-temanku yg sudah punya anak. isi ceritanya pasti seputar anak melulu.. jadi yah anak adalah harta yg paling berharga memang buat mereka 🙂

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s