Waktu dan buku

Lagi-lagi, saya hanya menghabiskan uang hanya untuk membayar denda pada buku yang belum selesai saya baca. Saya tidak habis pikir, seharusnya waktu disela-sela kegiatan kuliah cukup jika digunakan untuk mengerti isi buku itu. Padahal perpusat memberikan waktu pinjam selama 2 minggu per sekali pinjam disertai 3x perpanjangan yang masing-masing berdurasi 2 minggu. Kalau ditotal, kita bisa belajar dengan buku tersebut selama 2 bulan.

Kalau dipikir-pikir, sebagian besar kegiatan kuliah adalah membaca. Seharusnya menamatkan buku-buku ini tidak menjadi masalah. Kalau sudah beginikan jadi rugi. Tidak dapat cukup ilmu, malah kena denda.

Namun sebenarnya begini. Kadang saya sering menggerutu kenapa mata kuliah yang tidak begitu menyumbang untuk mahir di bidang yang kita tekuni justru dimunculkan dengan durasi yang sangat lama. Sederhananya, jika Anda suka sosiologi, maka statistika, metode penelitian dan logika adalah hal yang penting untuk segera dipejalari. Bukanya belajar mata kuliah lain yang tidak mendukung Anda untuk mahir jadi sosiolog. Belum lagi jika sang dosen sebenarnya tidak memberikan apa-apa di kelas (entah itu umpan ataupun materi). Sia-sia saja bukan. Waktu habis, tidak dapat apa-apa, kosong melompong seperti sebelumnya.

Kalau sudah begitu, apa tidak lebih baik belajar sendiri saja. Misalnya menghabisnya waktu dengan buku-buku yang cerdas dan brilian. Dengan begitu, kan tidak rugi.

4 thoughts on “Waktu dan buku

  1. nanangrusmana

    jadi inget waktu di perpus kampus sm perpus daerah..masa SMA di kampung, perpus kabupaten adalah sekolah sy yg kedua, di bandung , perpus provinsi juga kampus sy yg kedua . πŸ™‚ #kunjungan balasan…mana sketsanyaaa…? πŸ™‚

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s