Konsultasi masalah radang tenggorokan

Daripada menunggu penyakit semakin parah, lebih baik langsug berkonsultasi dengan dokter. Meski bukan dewa, tetapi dengan berkonsultasi dengan orang yang telah belajar banyak tentang kesehatan, kita akan lebih terbantu mengenali gejala-gejala gangguan kesehatan di tubuh kita. Ini pegalaman saya siang ini.

Sayang sekali saya tidak bisa masuk kelas pagi ini. Rupanya panas dalam yang sudah saya derita seminggu yang lalu berdampak pada radang tenggorokan yang akhirnya menghambat proses belajar. Karena tidak ingin berlama-lama sakit, maka sesegera mungkin saya ke dokter. Ke dr.Sunny.

Hasil medical checkup dr.Sunny mengatakan bahwa radang saya disebabkan oleh panas dalam yang mengkronis. Selain faktor cuaca, ini akibat dari kurang tidur dan salah makan. Beberapa hari ini saya memang kurang tidur, biasa mahasiswa. Masalah makan mungkin benar karena belakangan ini saya banyak makan makanan pedas dan kering. Selama seminggu saya merasa tubuh bagian dalam terasa panas. Nafas yang terhembus panas dan bibir mulai pecah-pecah disusul susah BAB. Maka jadilah radang tenggorokan yang sudah ditandai dengan gejala influenza, demam, dan batuk. Terakhir kali saya cek, ternyata berat badan saya juga turun. (Untuk yang ini saya harus bilang yes atau oh no?)

Sebelum memberikan resep, dr.Sunny memberikan banyak pantangan. Pertama, saya tidak boleh makan makanan pedas, kasar, dan kering. Sebisa mungkin makan banyak sayuran dan minum air putih. Kedua, saya dianjurkan untuk istirahat yang cukup. Selain tidak boleh kecapean, pola tidur malam harus diperbaiki. Picture0139

Dan seperti biasa, inilah resep obat dari dr.Sunny  yang harus saya minum.

1.Imunvit plus (5 butir)
Semacam vitamin berbentuk pil panjang berwarna merah jambu yang diminum 1x sehari sesudah makan.

2. Yusimox Amoxicillin (15 butir)
Berbentuk pil panjang, putih, diminum 3x sehari sesudah makan.

3. Pyridryl plus syrup (1 botol 60 ml)
Sirup untuk flu dan batuk berwarna kuning, manis, diminum 3x sehari sesudah makan.

4. Fradiomycin –Gramicidin Meiji (10 butir)
Pil isap seperti permen polo, berlubang di tengah, manis, diminum 3x sehari.

Melihat sekantung obat itu rasanya seperti pasien yang menderita penyakit kronis. Setidaknya ada obat yang rasanya manis. Tapi inilah yang diberikan dokter. Saya harus mematuhi perintah ini jika mau lekas sembuh. Let me tell you once again. Sakit, apapun itu sakitnya tidak ada yang enak. Berbahagialah bagi Anda sekalian yang masih sehat wal afiat hari ini. Postingan ini memang hanya curhat, tetapi setidaknya bisa dijadikan pelajaran bahwa menjaga kesehatan itu penting. Semoga Anda sekalian sehat selalu.

Btw, terimakasih dr.Sunny.

16 thoughts on “Konsultasi masalah radang tenggorokan

  1. jarwadi

    cepet sembuh ya, fe

    gramicidin bukan diminum ya, dihisap seperti permen. dan perbaiki pola makan kamu serta ambil instirahat yang berkualitas

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      Makasih J..

      iya, itu ada kok keterangannya pil isap..
      cuma maksudnya diisap 3x sehari hehe..
      Kamu yang masih sehat jaga kesehatan yah, jangan sampai kaya aku..

      Like

      Reply
      1. jarwadi

        iya, aku berusaha jaga sehat baik baik.
        alhamdulillah aku sehat-sehat, lebih sehat dari tahun 2012 kemarin

        Like

      2. Tina Latief Post author

        Syukurlah,..
        hehe, jadi mahasiswa itu begini ya. Kalau kurang tidur efeknya banyak benget. Lebih dari sekedar kulit jadi jelek…

        Like

    1. Tina Latief Post author

      Makasih mas..
      iya nih, baru diuji sama Allah. Hehehe, setidaknya bisa kulineran obat..
      banyak banget obatnya..

      Like

      Reply
    1. Tina Latief Post author

      Makasih banyak mba Wie..
      obat yang barusa saya minum sudah mulai bekerja, mulai terasa ngantuk..
      ini mungkin artinya saya disuruh istirahat..

      Like

      Reply
  2. Budi Nurhikmat

    Kalau saya lakukan bila mulai ada gejala radang tenggorokan adalah cepat2 kumur-kumur dengan air putih hangat dicampur garam dapur secukupnya supaya tidak terlalu parah radangnya- ini juga kata dokter. Semoga lekas sembuh..

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      saya belum pernah nyoba kalau itu mas..
      tapi memang sih, rasanya asam dan pahit kalau habis bangun tidur.. jadi musti banyak berkumur atau minum.

      Terimakasih mas Budi..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s