Paradoks

Siang tadi saya pergi ke bengkel sepeda milik teman semasa sekolah dasar dulu. Mulanya saya hanya ingin membetulkan sepeda yang rusak remnya, namun ketika bertemu dengan beberapa teman lama, saya justru terlibat perbincangan  yang menarik untuk saya dengarkan.

Dua orang teman saya ini sedang membicarakan rencana usaha mereka mendirikan bengkel sekaligus peyedia spare part sepeda (kayuh). Usaha bengkel yang selama ini dijalankan masih dalam taraf home industry, akan tetapi karena sekarang pengguna jasa makin banyak, ia berniat meluaskan usaha tersebut. Usaha diperluas dalam sektor sepeda kayuh.

Ide tersebut masih dikritisi kedua belah pihak. Salah seorang teman menyanggah, menurutnya sudah tidak sesuai menjadi penyedia sparepart sepeda kayuh sedangkan masyarakat desa tempat ia tinggal sudah beralih ke sepeda motor. Mereka perlu bengkel sepeda motor karena orang di desa makin banyak yang  berlomba-lomba memiliki motor mewah. Menurutnya, sepeda kayuh atau ontel sudah tidak jaman digunakan. Pemikiran itu memang benar, di desa ini memang sudah tidak banyak lagi yang bepergian dengan sepeda kayuh. Baik itu anak-anak, remaja dan orang tua, hampir seluruhnya beralih ke sepeda motor.

Mendengar perbincangan itu saya jadi membayangkan tempat di mana saya tinggal, Jakarta dan Depok. Di sana, pemerintah dan para pemerhati lingkungan berusaha untuk mengembalikan ekosistem alam dengan cara mengurangi kendaraan bermotor dan kembali ke kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda mengingat kondisi  lingkungan Jakarta sudah tidak ramah lagi. Kondisi ini tentu bertolak belakang dengan kondisi di desa ini yang mana masyarakatnya  justru berlomba memiliki kendaraan bermotor. Saya khawatir, suatu saat, entah kapan, tempat yang damai ini berubah menjadi kota yang penuh dengan lalu lalang kendaraan dengan asap yang menyesakkan itu. Saya hanya tidak ingin desa Grogol ini  berubah menjadi kota yang sudah-sudah.

Seperti dua kutub yang berbeda sumbu, kedua hal ini saling bertolak belakang. 

One thought on “Paradoks

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s