Penjualan buku lawas masih menggiurkan

Berkali-kali saya mengagumi buku-buku yang berhasil saya susun ulang  siang ini.  Terhitung dari usia preschool sampai dengan sekolah menengah, ternyata ada banyak sekali buku yang saya habiskan baik itu dibaca atau ditulisi. 

Mungkin tidak semua teman saya menikmati koleksi buku sebanyak ini di rumah karena kebanyakan buku-buku mereka sudah habis dikilokan ke tukang loak. Semenjak banyak tukang loak kertas dan buku bekas menjadi bernilai ekonomis. Andaikan bahan baku kertas yang diperoleh dari pohon itu tidak langka, mungkin tukang loak enggan memberi nilai ekonomis pada buku-buku bekas. Buku-buku lawaspun tidak akan laku dan masih menjadi benda pusaka dari zaman nenek moyang di setiap rumah. Bagi saya, bisa memiliki koleksi buku dari zaman sebelum kita lahir sampai kita tua itu hebat sekali. Bukan semata-mata karena civitas akademika, namun karena menghargai benda yang telah mengantarkannya menjadi seperti sekarang. 

Namun saya tidak menyalahkan orang tua yang mengosongkan lemari buku anaknya yang telah tamat sekolah karena buku-bukunya dihargai oleh tukang loak. Saya mungkin adalah salah seorang yang beruntung memiliki orang tua yang sadar pada manfaat buku-buku lawas. Saya bisa tertawa kembali melihat buku-buku yang penuh coretan masa kecil, bagaimana saya pertama kali membentuk huruf-huruf, bagaimana saya menggambar orang setinggi pohon kelapa, dan bagaimana saya curhat di buku dairy tentang cinta pertama. Bagi saya buku-buku itu adalah harta karena di sanalah terdapat sejarah hidup saya disaat saya belum bisa meninggalkan sesuatu untuk di dunia ini. 

Akan tetapi, kembali kepada setiap orang tua itu berbeda. Tidak semua mengerti dan memang menganggap bahwa buku adalah hal yang berharga untuk disimpan sebagai sebuah sejarah. Kondisi perekonomian juga tidak selalu mendukung kehidupan rumah tangga. Jadi penjualan buku-buku bekas masih saja menggiurkan. 

2 thoughts on “Penjualan buku lawas masih menggiurkan

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s