Desember, benarkah tidak terasa?

Kebanyakan yang menyadari tanggal di hari ini, Sabtu pula, akan mengatakan “Tidak terasa sudah Desember”. Saya memang sering heran dengan ungkapan “tidak terasa” yang sering diucapkan di akhir bulan atau saat pergantian tahun. Khusus bulan ini pun demikian, lalu apa yang dirasakan selama setidaknya 6 bulan terakhir kemarin?

Saya punya pendapat sendiri tentang pergantian bulan yang katanya terasa begitu cepat itu. Flash back, peristiwa apa saja yang saya lampaui selama 6 bulan terakhir.

Di bulan Juni saya telah melewati hari terakhir bimbingan belajar guna menuju PTN favorit yang saya kejar setengah mati. Masih di bulan yang sama, saya berhasil berjuang sampai saat-saat terakhir di SNMPTN selama 2 hari berturut-turut.

Kabar gembira datang di bulan Juli bersamaan dengan pengumuman penerimaan mahasiswa, saya berhasil menjadi mahasiswa di universitas idaman. Kebahagiaan bertambah lengkap ketika saya bisa menikmati bulan Ramadhan dan kembang api 🙂

Tak berhenti sampai di situ, di bulan Agustus, saya mulai menjalani rutintas ospek bersama senior yang galak-galak :D. Menikmati sekali meskipun dijemur dan di teriaki habis-habisan. Pada akhirnya saya bisa menyambut datangnya lebaran bersama keluarga di Jakarta. Meskipun saat itu Mom tidak ikut serta merayakan di Jakarta, saya bahagia bisa bermaafan dengan beliau lewat telphon.

Bagaimana dengan September? well, I decide going to socologist soon. Saya mulai menyusun langkah untuk mencapai cita-cita yang bertahun-tahun saya susun dari anak tangga yang paling bawah. Seraya melakukan penyesuaian diri di kampus, saya bertemu dengan banyak teman baru dan pengalaman yang seru hingga menghabiskan bulan Oktober.

Semakin memantapkan langkah di bulan November, hari-hari di kampus menjadi sangat kompetitif. Ada banyak hal yang saya pelajari lewat lingkungan, teman sepermainan, buku-buku dengan bobot yang berbeda serta bertemu orang-orang yang menginspirasi dan kebersamaan. Tidak lupa bumbu-bumbu cinta dan sayang menyertai. Terbukti, di akhir bulan ini saya seperti melayang di udara. Siapa yang tidak bahagia kalau disayangi orang banyak? 😀 😀 😀

Nah bagaimana dengan Desember yang masih baru ini? Saya sendiri tidak tau hal seru apa lagi yang akan saya lewati. Satu hal yang sudah pasti, akan ada UAS, IP, dan libur panjang di bulan ini. Tentu nominal usia seseorang juga akan terus bertambah seiring berjalannya waktu yang dilewatinya. Tentu saja saya sangat berharap akan ada lebih banyak keberuntungan dan kebahagiaan yang akan tercipta di bulan yang mengakhiri tahun 2012 ini. IP sempurna akan menjadi closing tahun yang saya idam-idamkan sebagai penyempurna jejak langkah perjuangan saya hingga semester satu di UI. Semoga ilmu saya terus ditambahkan oleh Yang Maha Kuasa.

Review yang saya lewati di atas adalah gambaran jelas tiap peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan saya selama 6 bulan terakhir. Bagi saya, momen-momen tersebut sangat terasa jelasnya. Bagaimana saya bangun pagi untuk belajar, mengatur waktu seefektif mungkin, mengalami masa suka-duka selama menjelang ujian hingga aktif kuliah, tugas, sedih, lelah, saya rasa semua itu sangat jelas dan terasa bagaimana saya melewati setiap harinya. Kalau ada yang tidak merasakan masa-masa yang dilewati, saya rasa merekalah yang kurang beruntung bisa memaknai apa yang terjadi selama hidup. Bukankah setiap hari ada peristiwa unik?

Jadi, benarkah Desember tidak terasa? Kalaupun ada yang kurang saya rasakan adalah saya belum merasa punya ilmu yang cukup. Saya masih perlu banyak belajar. Untuk ilmu, saya tidak akan pernah merasa cukup.

12 thoughts on “Desember, benarkah tidak terasa?

  1. zilko

    Bisa jadi sebaliknya kan, justru karena sibuk dengan aktivitas yang menyenangkan tersebut, makanya “tidak terasa” tiba-tiba sudah bulan Desember karena tidak pernah menghitung hari, hehehe 🙂

    Yaa, jadi ingat sewaktu masih kuliah semester 1 dulu, hehe 🙂 Masih penyesuaian dengan kehidupan kampus 🙂

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s