Pertanyaan yang menyinggung pemilik kantin

Sore ini saya agak di merengutin pemiliku kantin tengah yang saya singgahi. Saya tertarik dengan mie goreng yanga kali ini tidak tersaji persis di depan konter. Taburan sayurannya yang banyak membuat saya makin keroncongan. Well, jadwal ngampus hari ini memungkinkan saya bisa makan hingga 2 kali, setidaknya kali ini tidak boleh gagal menikmati makan malam. Saya mulai memeriksa mie tersebut dengan cara mengaduknya perlahan untuk melihat tekstur dan kondisi si mie goreng itu. Kemudian saya melayangkan pertanyaan kepada si penjaga kantin mengenai jangka waktu pembuatan mie tersebut, baru ataukah lama?

Tiba-tiba saja raut muka si penjaga kantin berubah aneh dan menjawabnya dengan jawaban “Lama, mba” secara berulang-ulang. Saya mencoba megerti jawaban si penjaga kantin itu, namun dia terburu berubah mood. Si penjaga kantin merasa pertanyaan saya merendahkan makanan yang di jualnya. “Tentu saja baru”,  jawabnya dengan nada jengkel. Pesan saya tidak tersampaikan dengan baik, namun saya berhasil mendapatkan seporsi sup jamur dengan mie goreng yag akhirnya saya beli setelah saya mengatakan “Saya hanya menanyakan kondisi makanannya”. Bukankah itu perlu dan penting?

Kemungkinan pertanyaan ini bakal menyinggung pemilik kantin memang ada. Namun dengan nada jengkelnya tadi saya yakin kalau makanan yang saya beli tadi memang masih baru atau setidaknya berada dalam kondisi layak makan. Pasalnya, seminggu yang lalu saya berkesempatan membeli mie goreng basi yang tidak saya ketahui sebelumnya. Sang pemilik kantin juga tidak memeriksa kondisi makanan ketika memberikannya kepada saya. Sayangnya saya tidak menanyakan kondisi mie-nya saat itu. Andaikan saya menanyakan kondisinya, mungkin jawaban pemilik kantin itu juga sama, “masih baru” bedanya mungkin mas-mas itu justru ramah dan riang. Bukannya buruk sangka, tapi bukannya penipu biasanya juga begitu?

 

 

One thought on “Pertanyaan yang menyinggung pemilik kantin

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s