It’s about solving problems together

Ketika masih hidup menyinggle, saya merasa merdeka sekali. Hidup sendiri memang serasa memiliki negara sendiri, bebas menentukan otonomi atas apa yang kita miliki. Saya juga bisa membuat perundang-undangan sendiri atas apa yang ingin dan tidak ingin saya lakukan. Sayangnya ketika kondisi pemerintahan tidak fit, terpaksa menyeret badan lunglai tak bertenaga ini untuk tetap survive dalam segala kondisi. Mana mungkin Mom dan pacar yang jauh di sana tiba-tiba datang dalam waktu yang singkat ketika saya sakit?

Baru-baru ini saya menyadari bahwa menghadapi masalah bersama akan terasa lebih kuat daripada sendirian. Meskipun berbeda dalam segalanya [selera, prinsip, kebiasaan, ideologi], namun bersama dalam sebuah masalah akan lebih kuat daripada sendiri. Seperti peribahasa satu lidi mudah dipatahkan, namun satu ikat sapu akan sulit untuk dibekukan. Pengalaman baru bersama teman-teman, ketika lapar menggelayuti perut memang solusi utama adalah makan. Itu jika ada yang dimakan, jika tidak?

Masing-masing dari kami saat itu tidak memiliki satu kelengkapan makan [nasi+lauk], sebenarnya bukan karena tidak ada. Waktu pulang ospek ketika itu memasuki jam-jam malam, saya dan teman-teman tidak sempat makan malam di kantin-kantin terdekat. Lelah dan lapar itu sudah pasti.

Akhirnya kami berenam berkoordinasi. Pertama kami saling bertanya siapa yang masih memiliki bahan makanan yang bisa dimakan. Kemudian pembagian tugas siapa yang harus menyumbang nasi, lauk dan perlengkapan makan. Dalam beberapa menit terkumpullah makanan. Nasi hangat 0,8 liter, sarimie rebus dan kerupuk atom siap tersaji. Well, dalam waktu singkat kami bisa mengisi perut yang sedari siang belum terisi ini.

Memang bukan penyelesaian yang hebat, namun menurut saya ini solusi cukup hebat untuk meredakan lapar. Thats why we here together. 

 

4 thoughts on “It’s about solving problems together

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s