Mengikuti keputusan pemerintah, puasa dilaksanakan di hari Sabtu

Sejak tadi siang saya bersama beberapa teman sudah menebak-nebak kapan akan mulai puasa, besok atau lusa seraya menunggu keputusan sidang isbat. Seraya menunggu, saya sempatkan belanja kebutuhan sahur dan buka di market terdekat untuk berjaga. Sepertinya teh tarik ini lezat dinikmati saat berbuka, atau sari buah? atau lemon tea? Ah, naluri belanja saya sudah merebak.

Sedikit tergesa ketika pulang. Cukup was was juga dengan keputusan pemerintah, jangan-jangan malam ini sudah tarawih. Tentunya saya tidak mau melewatkan malam pertama yang satu ini. Jalanan sudah sepi. Cukup menyesal saya belanja terlalu lama, saya melewatkan malam pertama shalat tarawih. Namun setelah memasuki kompleks rumah, saya melihat banyak jamaah yang pulang. Oh sepertinya sidang isbat memutuskan bahwa Sabtu baru akan berpuasa. Lega tidak ketinggalan.

Setelah mendapat konfirmasi dari media dan pemirsa mengenai jadwal berpuasa, saya mulai merilekskan badan yang berkeringat karena berjalan tergesa tadi. Well darling, kita ngga bisa puasa bareng, ujar saya sendiri. Beberapa daerah di Indonesia  memang merencanakan puasa di hari Jumat, berbeda dengan keputusan yang diberikan pemerintah yang baru saja saya terima.

Ke dua aliran yang saya ketahui (Muhammadiyah dan NU) memang memiliki perbedaan waktu pelaksanaan puasa. Namun, bukan berarti harus saling membenarkan dan menyalahkan karena agama adalah kepercayaan masing-masing. Utamanya adalah saling menghormati pilihan sesamanya.

Kapanpu Anda berpuasa, besok atau lusa, saya menghormati keputusan Anda. Selamat menunaikan ibadah puasa. Marhaban ya Ramadhan 🙂

One thought on “Mengikuti keputusan pemerintah, puasa dilaksanakan di hari Sabtu

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s