Manfaat sampah bagi warga Jakarta

the woman collecting the garbage

the woman collecting the garbage

Produksi sampah dalam jumlah besar setiap harinya memang menjadi masalah bagi ibu kota. Sampah organik maupun anorganik dapat diciptakan dengan mudah setiap jamnya di Jakarta. Sayangnya menciptakan sampah itu lebih mudah daripada memusnahkannya. Di bantaran sungai, di sudut-sudut kota bahkan dibawah jok angkutan umum pun terdapat sampah. Sampah ada dimana-mana.

Memang sebuah kebesaran dari Yang Maha Kuasa menciptakan setiap benda apapun itu, selalu mempunyai manfaat. Sampah pun menghidupi lapisan masyarakat yang tak memiliki keberuntungan lain selain menyeleksi sampah-sampah yang terkumpul kemudian menjualnya di kolektor sampah. Inilah salah satu manfaat sampah bagi masyarakat di Jakarta yang tidak memiliki jalan lain untuk mencari nafkah. Setidaknya, sampah masih bermanfaat bagi mereka dibalik ketakutan saya akan sampah-sampah yang entah kapan akan terurai itu. Dua tahun? Tiga? Mungkin 10 tahun masih belum cukup…

Semua akan kembali ke asalnya. Sampah berasal dari manusia, suatu saat nanti sampah akan kembali kepada manusia. Atau memang sudah kembali. Sudahkan Anda minum air mineral hari ini? Bisa jadi, botol kemasan itu produk daur ulang dari sampah yang Anda ciptakan beberapa bulan yang lalu.

8 thoughts on “Manfaat sampah bagi warga Jakarta

  1. Harmony Magazine

    Tapi lebih bagus lagi jika pengelolaan sampah lebih baik dan terorganisir, dengan orang-orang tersebut terlibat di dalamnya alias menjadi pekerja dengan jaminan upah dan kesejahteraan, bukan hanya digusur sana gusur sini.

    Btw, klo botol plastik air mineral bukan recycle, non. Itu produk pertama, bisa direcycle ke bentuk lain. Namanya Polyethylene Etilen Terephalat. 🙂
    Itu coba lihat bawahnya ada angka 1 dalam segitiga dan ada tulisan PET. 🙂

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      setau saya, pengumpul botol-botol bekas itu menggunakan kembali botol itu untuk kemasan minuman lagi setelah botol yang masih layak pakai dibersihkan kembali. Kemudian diisi dengan air yang entah dari mana asalnya. Makanya waktu itu saya dan teman-teman berkomitmen untuk merusak botol-botol yang sudah digunakan baru setelahnya dibuang. Tujuannya untuk menghindari pemakaian kembali yang tidak jelas kebersihannya.

      Like

      Reply
    1. Tina Latief Post author

      pertanyaannya, manusia seperti apakah kita?
      semoga bukan termasuk yang sampah-sampah meskipun suka nyampah 😀

      Like

      Reply
  2. Nchie Hanie

    nah manusianya itu yang malas mengelola sampah..
    Di komplekku ada yang usul, kita mengelola sampah bareng2,,
    GA setuju pihak RT nya,..
    Ya sutrah lah..belom terketuk hatinya kali ya ..

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s