Pemilihan ketua ILUNI FTUI 2012-2015

Setelah seharian mantengin om SJ di Fakultas Teknik dalam rangka reuni sekaligus pemilihan ketua ILUNI FTUI periode 2012-2015, akhirnya saya bisa kembali bersolek di tempat tongkrongan favorit saya. Memang, hari ini seperti di desain untuk memeriahkan dan mendukung acara pemilihan di Fakultas Teknik. Matahari benar-benar menjadi rajahari ini, sinarnya sama sekali tidak ada yang menghalangi. Panasnya minta ampun. Membuat saya dengan segera menenggak habis sebotol air mineral.

Di sekitar panggung orasi, sudah banyak spanduk-spanduk  yang terpampang dengan segala pernak-pernik ketiga kandidat. Di panggung inilah ke-3 kandidat itu berkampanye dengan visi dan misi yang sudah mereka siapkan untuk FT-UI dimasa mendatang. Ke tiga kandidat itu adalah:

1. Kandidat pertama iluni FTUI 2012-2015: Kalamullah Ramli (Muli) “Bersama untuk sinergi”

2. Kandidat ke dua iluni FTUI 2012-2015: Sabrun Jamil (Sabrun) “Saatnya FKUI berjaya”

3. Kandidat ke tiga iluni FTUI 2012-2015: Tommy Suryatama (Tommy) “Biru bersama berbuat”

Dari ketiga kandidat itu, inti orasinya sama: ingin memjadikan FKUI menjadi lebih maju. Dari segi massa, yang tampak sangat menonjol dalam orasi adalah kandidat nomor dua, Sabrun Jamil. Massa yang dikerahkan untuk mendukungnya sangat banyak dan dari berbagai kalangan. Suasananya benar-benar mirip kampanye parpol. Ramai, banyak ngecengin kandidat lain saat orasi…

Yang istimewa dari pemilihan ini adalah adanya e-vote yang melibatkan voter yang berada di luar daerah Jabodetabek. Tentu Alumni Teknik harus diberi kesempatan karena banyak yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia bahkan luar negeri.  Khusus untuk yang masih berada di Jabodetabek diwajibkan datang langsung untuk memberikan suaranya kepada ke tiga kandidat. Cara pemungutan suara secara langsungnya hampir sama dengan pemilu capres dan cawapres, sistemnya mencontreng. Suaranya juga dimasukka dalam kotak pemilih yang sudah tersedia. Suara yang ditampilkan adalah suara sah, tidak sah dan abstain.

Setelah berjam-jam menunggu akhirnya antrean panjang pemilih itu surut dan beralih ke panggung penghitungan suara. Suara terdiri dari 3 kategori suara yaitu suara berdasarkan e-vote, cabang btn (saya kurang tau apa yang satu ini, tetapi sepertinya yang berasal dari pegawai negeri) lalu suara yang berasal dari hasil pemilihan langsung. Setelah sempat break counting, akhirnya semua suara telah terkumpul dengan data sebagai berikut:

Suasana panggung penghitungan suara

Suasana panggung penghitungan suara

Kandidat 1 memperoleh suara sebanyak:
E-vote: 34
Cab Bpn:1
Langsung:190
Total:245

Kandidat 2 memperoleh suara sebanyak:
E-vote: 14
Cab Bpn:7
Langsung:162
Total:190

Kandidat 3 memperoleh suara sebanyak:
E-vote:16
Cab Bpn:16
Langsung:203
Total:235

Dengan jumlah
Abstain:1
Tidak sah:4

Berdasarkan perhitungan suara, maka peroleh suara terbanyak pada pemilihan ketua ILUNI FTUI periode 2012-2015 diperoleh oleh kandidat pertama, Kalamullah Ramli (Muli) dengan total 245 pemilih. Dengan demikian Prof.Muli inilah yang akan menjabat sebagai ketua ILUNI FTUI selama periode 2012-2015. Selamat atas terpilihnya Pak Muli.. 🙂

Nah, selama pemilihan berlangsung hingga penghitungan suara berakhir ada hal yang menarik yang saya temui ketika saya berada di tengah-tengah acara ini. Pertama, saya bisa menyaksikan bagaimana gentlenya ketiga kandidat ini di dalam mengakui kekalahan dan keunggulan kawannya. Atmosfernya jadi menenangkan. Meskipun saat berorasi di panggung sempat saling sindir dan menyudutkan, ketiganya bisa mengakhiri pemilihan dengan khsatria. Mereka saling jabat tangan dan berpelukan…

Ah, saya jadi ingat saat berada di atas panggung orasi pemilihan ketua OSIS SMP dulu…

Ketiga kandidat saling berjabat tangan, berpelukan dan bertukar merchandise pemilihan

Yang kedua adalah sistem e-vote-nya. Berdasarkan keterangan panitia, hasil e-vote ini respondennya banyak, tetapi setelah diteliti ternyata beberapa pemilihnya masih berada di area Jabodetabek dan ada yang berasal dari luar Fakultas Teknik sehingga tidak dapat dihitung sebagai suara yang sah. Selain itu, ternyata sistem e-vote ini belum banyak diketahui sehingga menimbulkan pertanyaan dari sejumlah calon penyumbang suara yang berada di luar kota “Bagaimana sistem e-vote itu?”. Masalah lainnya, ternyata pemilihan waktu pengambilan suara juga tidak tepat. Ketika pemungut suara mulai menghubungi calon pemilih, kebanyakan dari mereka yang dihubungi masih di areal kerja entah itu di tambang ataupun di pengeboran minyak sehingga tidak dapat memberikan suaranya.

Pada dasarnya, sistem e-vote ini kurang sukses untuk periode kali ini. Masih banyak suara yang belum tertampung akibat ketidaktahuan akan e-vote itu sendiri. Mungkinkah internet untuk angkatan 1964-2008 masih sangat awam? Entahlah. Mungkin saja iya. Selain itu hambatannya juga terletak pada sulitnya menjangkau para alumni yang notabene insinyur dan direktur yang tengah berada dalam kesibukan sehingga sulit untuk memberikan suaranya kepada para kandidat.

Kekurangan penggunaan e-vote ini saya rasa karena tidak sosialisasi yang jelas dan memadai. Yang saya bayangkan adalah semacam website pemilihan calon kandidat yang bisa diakses di manapun.  Website itu dilengkapi profil dan visi misi masing-masing kandidat yang kemudian terhubung dengan sebuah link untuk memilih. Jadi para pemilih yang berada di luar area pemilihan akan mudah memberikan suaranya. Sip bukan?

Nah, semoga pemilihan ketua iluni mendatang persiapannya akan lebih matang ya… 🙂

3 thoughts on “Pemilihan ketua ILUNI FTUI 2012-2015

  1. Punggawa Kelana

    Setelah 8 bulan terpilihnya ketua ILUNI, Kerja apa yg telah dilakukan ?
    Kalau untuk FT dan lulusan apa kontribusi awalnya yang bisa disampaikan ?
    Kalau menurut saya kemarin cukup aneh, dosen kok jadi ketua iluni ?
    Semoga ini suatu gebrakan, model baru (dosen ketua alumni), yang mampu
    memperlihatkan kalau dosen yang ketua alumni mampu berbuat lebih
    banyak FT, lulusan dan masyarakat.

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s