Menangani masalah dalam belajar

Acapkali ingat tanggal 12 Juli saya jadi merinding dan tidak nafsu makan. Sepertinya tidak ada pembanding yang cukup mirip untuk menggambarkan bagaimana perasaan saya, bisakah Anda membayangkan dikejar ratusan mahkluk aneh yang hendak memangsa Anda? Sayangnya ini bukan mahkluk aneh, ini hanyalah beberapa butir soal yang hendak saya kerjakan di ujian nanti.

Belajar adalah jawaban yang pas jika saya bertanya apa yang harus saya lakukan agar lulus ujian. Namun saya tidak perlu bertanya lagi. Itulah poin utamanya, belajar dan belajar terus. Yang perlu saya tanyakan adalah :

Apakah saya sudah belajar dengan benar?
Menurut buku Learning to live yang saya baca 2 hari kemarin, things that affect the good performance is the fact that we are motivated in some cases, the ability of iteligensi, our knowledge and strategies used in the study.Β Saya tau tidak ada tongkat sihir yang bisa membuat saya lulus ujian, tetapi ada strategi yang bisa membantu saya untuk lulus. Tune up!! saya harus menemukan apa yang salah dengan belajar saya.

Tune up!! Menangani masalah belajar
Biasanya dalam sehari saya bisa menargetkan diri mengerjakan 3 paket soal yang jumlahnya ratusan butir. Namun menurut teman saya, mengerjakan soal seperti itu hanya akan membuat saya kepayahan. Dia pun menyarankan agar saya bisa meluangkan waktu membaca paling sedikit 15 menit setiap hari pada sebuah topik bacaan. Termasuk matematika. Sejak dulu saya tidak suka matematika, setiap kali melihat tumpukan kumpulan soal-soal saya sudah mau muntah. Saya lebih memilih menggunakannya sebagai alas tidur karena setelah satu jam habis hanya untuk mengotak-atik satu soal saja, saya akan tertidur dengan sendirinya.

Apa itu motivasi? I will arrive at the finish line.
Perjalanan panjang menuju garis akhir adalah saat-saat yang sangat indah. Piala, podium, medali, kemenangan, berdiri di tengah-tengah diantara satu dan tiga dll. Moment itulah yang tidak ingin saya lewatkan. Perlu sebuah energi yang sangat besar untuk bisa merubah “Aku tidak bisa mengerjakannya, ini sulit sekali, aku tidak mengerti juga” menjadi “Bagaimana cara mengerjakannya? di mana aku bisa mendapatkan informasi yang bisa membantuku memecahkan persoalan ini? Aku akan mencobanya dengan sedikit bantuan”

Jadi, what can I do to increase the motivation to learn?

1.Energy, I love mathematic
2.Trust, I will pass the test
3.Discipline, Vaccine against the lazy virus
4.Focus or I will lose everything

Atau, mungkin tongkat ajaib yang bisa menangani masalah dalam belajar itu benar-benar ada? πŸ˜€

7 thoughts on “Menangani masalah dalam belajar

  1. jarwadi

    beberapa waktu yang lalu saya pernah berdiskusi dengan @tuvokvulcan, begini:

    ketika saya melemparkan sebuah pertanyaan, seorang anak akan lebih cepat belajar membaca atau belajar berhitung,

    @tuvokvulcan menjawab: tergantung motivasinya

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s