Sakit perut di saat aktivitas kerja padat

Sakit perut saat aktivitas sedang berada pada posisi aktif memang tidak nyaman. Sakit perut di sini adalah rutinitas membuang sampah sisa pencernaan. Namun sakit ini biasa saya buat sendiri. Pasalnya saya tidak mau menunda rutinitas ke toilet sampai 1 hari. Saya berusaha membiasakan rutin  setiap hari supaya tidak ada sisa makanan yang terlalu lama membusuk di perut.

Sebenarnya pembiasaan ini adalah salah satu tujuan dari rencana menuju kurus. Untuk bisa rutin setiap hari biasanya saya dibantu oleh pencahar yang konsentrasinya tidak terlalu tinggi dan tetap aman di perut. Kalau sudah minum satu kapsul, biasanya pagi BAB akan lancar seperti yang saya harapkan. Baiknya, perut saya tidak terbebani lagi.

Dampak buruknya, ketika kondisi perut belum pulih seperti semula, perut akan mulas dan ingin terus ke kamar mandi. Ketika saya tengah berada dalam aktivitas dan kesibukan tertentu, saya tidak bisa mengabaikan sakit perut ini. Mau tak mau harus menuruti si perut untuk bersemedi di kamar mandi menumpahkan uneg-unegnya.

Salah saya juga kalau minumnya terlalu larut malah atau hampir pagi. Obat akan bereaksi ketika mejelang siang, Di waktu itu saya terkadang berada dalam aktivitas yang sedang tidak bisa diinterupsi.

Tips bagi yang susah BAB rutin di pagi hari, pencahar bisa digunakan sebagai penolong yang akan menuntun rutinitas ke kamar mandi menjadi teratur. Namun jangan lupa, pilihlah pencahar yang aman untuk perut, pilihlah yang alami dan jika diminum efeknya tidak terlalu melilit. Terakhir, minumlah kira-kira dijam-jam yang jauh dari aktivitas utama yang tidak bisa diinterupsi, paling tidak 7-9 jam sebelumnya.

Anda termasuk yang ingin teratur melaksanakan ritual pagi ini? Mau mencoba? 🙂

12 thoughts on “Sakit perut di saat aktivitas kerja padat

  1. Evi

    Mbak Eneng Tina, kurus emang menarik, jatuh baju lebih bagus..Namun jangan sering2 atuh menggunakan obat pencahar..Takutnya lambungnya nanti malah ikut tergerus..Selamat pagi 🙂

    Like

    Reply
  2. budiastawa

    Obat pencahar apa nggak berbahaya, non? Mending yang alami aja…. Misalnya makan pepaya, gitu. Jangan keseringan pakai pencahar lah. Tina udah pas kok segitu, nggak usah kurus lagi.

    Like

    Reply
  3. marsudiyanto

    Saya masih belum memerlukan bantuan obat dan mudah2an jangan, dan ritual itu berjalan rutin di jam yang rutin pula.
    Karena kebiasaan yang sudah berjalan lama, maka nggak menganggu aktifitas rutin lainnya karena beralangsung di jam yg bukan jam kerja.
    Lain halnya jika jam kerja saya diubah mulai jam 5 pagi… 😀

    Like

    Reply
  4. yoszca

    Kalau rajin makan sayuran hijau dan juga teh hijau,saya kira tidak perlu lagi menggunakan obat pencahar supaya teratur ‘setoran’ ke kakus tiap pagi 😀

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s