Inovasi terbaru untuk rapat avatar

Menghadiri acara-acara membosankan namun jika ditinggalkan akan sedikit ketinggalan berita memang menjadi dilema dalam pengambilan keputusan, hadir atau tidak. Ada yang hadir dengan terpaksa dan bersungut-sungut, ada pula yang sekalian saja tidak hadir dan tanpa malu akan mencari informasi di teman sebelah yang rajin mendengarkan dikeesokan harinya.

Seperti menghadiri rapat membosankan, pertemuan membosankan dan acara-acara ceramah yang penceramahnya mengundang kita sebagai tamu VVIP. Bahkan jika ada kursi malas sekalipun, orang enggan untuk hadir di tengah-tengahnya.Saya termasuk yang terkadang enggan menghadiri acara membosankan meskipun sudah dibujuk dengan kata-kata mesra sekalipun. Berharap bayangan saya saja yang datang ke sana.

Apakah ini terdengar seperti khayalan masa depan seorag gadis yang tiba-tiba bicara teknologi? Ternyata oh ternyata…

Adanya semua alasan kesibukan dan malas, seakan sinar matahari menembus lapisan understory, dengan avatar kita bisa menghadiri rapat atau kelas tanpa meninggalkan ruang kantor bahkan ruang keluarga sekalipun. Kata direktur pendiri Stanford’s Human Interaction Lab, Jeremy Bailenson, telah puluhan tahun ilmuwan realita maya menunggu peristiwa-peristiwa ini dan peristiwa ini terjadi begitu cepat daripada yang diramalkan. Teknologi impian ini pada akhirnya siap berada di tengah keluarga dan kantor setelah 3 peristiwa penting yaitu system pelacakan Microsoft Kinect untuk Xbox, perangkat permainan 3 dimensi Nintendo kemudian computer Watson milik IBM menggeser paradigma bagi konferensi avatar.

kinect for windows features

kinect for windows features

Berdasarkan informasi The New York Times Service, perangkat pelacakan Kinect yang dijual degan harga 150 dollar menunjukkan bahwa sekarag ini avatar bisa dikendalikan hanya dengan bergerak, tidak lagi membutuhkan baju khusus atau sesor di laboratorium. Juga tidak perlu menggunakan kacamata khusus untuk melihat tontonan 3D berkat display “autostereo” pada Nintendo 3D seharga 250 dollar yang memancarkan gambar tiga dimensi ke mata telanjang. Film Puss in Boots yang saya posting di sini yang waktu itu saya tonton masih memerlukan kacamata khusus 😦

Dengan semua teknologi ini, sangat memungkinkan untuk duduk di meja rapat maya dan bertukar pandang dengan avatar-avatar dari peserta rapat yang lainnya sedangkan sosok aslinya sedang bermalas-malasan.

Seru ya, bahkan kita bisa memesan sebuah avatar dengan wajah yang memiliki ciri-ciri dari orang yang ingin kita beri kesan positif. Bisa banyak cinta di ruangan ini 😀

24 thoughts on “Inovasi terbaru untuk rapat avatar

    1. Tina Latief Post author

      tapi dengan avatar yang saya pakai sekarang, yang masih flate, saya bisa ketemu mas yang nun jauh di sirampog…:)

      Like

      Reply
  1. Cahya

    Ha hal… teknologi second life saja belum luas digunakan, padahal itu adalah teknologi avatar 3D/2D yang paling canggih dan tersedia untuk publik saat ini.

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      second life sama world of warcraft ya mas…
      he’em, memang yg 2D belum banyak digunakan juga. Masih banyak yang rajin rapat kantor dll kali 😀

      Like

      Reply
      1. Cahya

        Second life banyak digunakan di instansi pendidikan dan penelitian, membuat dunia sendiri di dunia maya maya dengan karater 3D, sehingga bisa mempertemukan banyak orang dari pelbagai belahan dunia dalam sebuah ruang yang nyaris bisa mewakili aslinya di dunia nyata, termasuk cara berinteraksi.

        Like

      2. Tina Latief Post author

        seperti aksi Bruce Willis dalam film Surrogates dg avatar dimana-mana,
        benar kata Jeremy dan Blascovich, sebentar lagi, 6 tahunan mungkin avatar sudah tersedia bagi semua..

        Like

    1. Tina Latief Post author

      yang datang nanti avatarnya saja mas asop 🙂
      nanti yang asli bisa menghadiri kencan romantis hehehe

      Like

      Reply
  2. budiastawa

    Ck ck ck… makin canggih aja. Aku pingin bertemu dengan Tina via avatar meeting ini. Sebagai awal kopdar…. 😀 Gimana Tin?

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s