Pahlawan nasional, apa kriterianya?

Tidak semua pahlawan harus gugur di medan perang, atau seseorang yang berjasa dalam menegakkan berdirinya NKRI di medan perang. Pengakuan datang di kemudian hari. Pahlawan dalam “term” lama adalah mereka yang pernah berjuang di medan perang demi NKRI. Akan tetapi makna pahlawan diperluas menjadi orang yang berjasa bagi Tanah Air, tidak harus mereka yang gugur atau pernah berperang. Pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah berjasa pada bidang tertentu. Keberadaan orang-orang yang kelak disebut pahlawan nasional sering tersembunyi dan tidak banyak diketahui umum. Akan tetapi, mereka bisa diusulkan oleh pihak-pihak yang mengetahui nilai-nilai kepahlawanan yang dimilikinya. Kepantiaan tingkat nasional akan menentukan seseorang sebagai pahlawan nasional.

Begitulah informasi yang saya baca di sini. Memang bukan info yang hangat dibicarakan lagi, mungkin efek dari ceramahnya Pak Ari Ginanjar hari Minggu kemarin, saya jadi bertanya-tanya siapa pahlawan yang saya idolakan. Sedikit mengapresiasi undangan makan siang yang ditujukan kepada saya, mencoba tidak makan dengan rakyat jelata. 😀

info kepahlawanan yang dicalonkan tahun lalu

Sepertinya saya ketinggalan info kalau pemerintah sedang mengupayakan beberapa orang tokoh Indonesia menjadi pahlawan nasional. Berhubung kepahlawanan ini terus bisa diperbaharui, tentunya kabar ini bisa dihangatkan lagi ketika ada calon yang layak menerima gelar pahlawan nasional. Sayangnya pahlawan seperti apa yang saat ini bisa dicalonkan untuk Indonesia?

India memiliki Mahatma Gandhi yang terkenal dengan “a-ha-es-es”-nya ( Ahimsa, Hartal, Satyagraha, Swadesi), di Filipina ada Jose Rizal, kemudian ada Sun Yat Sen di Cina yang terkenal dengan “Sun-Min-Cu I”. Masih ada Mustafa Kemal Pasha dan Arabia Pasha di Turki dan Mesir yang ke-5 nama itu tergabung dalam tokoh pergerakan nasionalis luar negeri. Berhubung devinisi  pahlawan nasional di Indonesia adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah berjasa pada bidang tertentu, maka jasalah yang menjadi tolak ukur pemberian gelar itu. Apa kriteria jasa yang membuat suatu warga negara menjadi pahlawan nasional?

Menurut ketua Dewan Gelar dan Tanda Jasa Kehormatan Djoko Suyanto di sini, dari sekian banyak syarat, salah satunya tidak pernah dipidana selama lima tahun. Syarat umumnya sesuai dengan UU Nomor 20 adalah WNI atau bukan WNI tapi integritas moralnya tinggi, ada keteladanan dan berjasa kepada nusa dan bangsa sesuai dengan bidangnya masing-masing, berkelakuan baik dan setia tidak pernah mengkhianati bangsa. Kemudian syarat khusus yang harus dimiliki adalah pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, perjuangan politik atau perjuangan di bidang lainnya.

Menurut Djoko, sosok yang mendapatkan gelar pahlawan nasional mereka yang bisa melahirkan gagasan kepemimpinan besar dan menghasilkan karya besar. Kalau menurut pendapat saya, melahirkan gagasanpun masih belum cukup kalau belum dibarengi dengan hasil atau perubahan yang besar. Itupun perubahan yang akan bertahan dalam kurun waktu tertentu. Menurut Anda?

Who will be the next hero?

Pahlawan nasional merupakan sesuatu yang besar untuk saya, mengatasi masalah sendiri saja belum bisa. Atau mungkin ada yang mau menjadi pahlawan saya, Bagaimana membebaskan saya dari kelemotan modem ini? 😛

4 thoughts on “Pahlawan nasional, apa kriterianya?

  1. ardiansyahpangodarwis

    wah kalo sudah di pidana berarti tidak bisa ya?
    dan harus mati?
    pahlawan nasional itu dia yang mampu menjadikan dirinya berguna bagi keluarga,sosioal dan bangsa dan mampi mengajak banyak orang untuk berbuat seperti dia, tentunya dia punya Visi yang besar 🙂

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s