Apa yang dilakukan pembantu Anda?

Apakah Anda termasuk orang yang perlu bantuan untuk mengerjakan sesuatu? Seidealisnya saya, saya juga termasuk orang yang perlu bantuan dalam beberapa hal yang saya tidak bisa mengerjakannya sendiri meskipun pada akhirnya hasilnya tidak memuaskan.

August Comte menyatakan kata sosiologi pertama kali dalam bukunya  Cours De Philosophie Positive dan akhirnya muncul definisi Aristoteles tentang manusia sebagai makhluk sosial ( zoon politicon) yang berarti menusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain. Tidak heran ketika manusia membutuhkan ‘pembantu’ untuk membantu apa yang dibutuhkannya.

Berawal mendengarkan curhatan seorang ibu pekerja rumah tangga yang saya kenal sebagai pembantu tetangga saya. Mungkin sudah tidak kuasa menahan uneg-uneg dalam dirinya tiba-tiba saja mau bercerita pada saya yang sebelumnya belum pernah bertegur sapa. Dari penuturan sang ibu saya menjadi tahu apa saja yang dikerjakan para pembantu.

Pernahkah Anda merasa curiga dengan apa yang pelayan sajikan untuk Anda saat direstoran? Dan pernahkah Anda curiga dengan masakan buatan pembantu Anda? Kecurigaan ini terjadi di rumah sebelah dan akhirnya menjadi fakta bahwa sang pembantu tidak menyajikan makanan yang layak dimakan. Makanan yang disajikan kepada sang majikan adalah makanan sisa dari sang pembantu.

“Iya mba, masa yang dikasih ke si bos makanan sisa dia (teman sang ibu). Habis dikucingin dari pancinya, eh sisanya baru dikasihin si bos”. kata sang ibu kepada saya.

Seberapa perlunya kah mengenal pembantu kita? Ini tips dari Polda Metro Jaya  tentang bagaimana cara memilih pembantu yang aman. Seaman-amannya kalau itu masih manusia pasti bisa berubah.Kalau bisa dikerjakan sendiri kenapa tidak? Meskipun mahkluk sosial kalau sampai makan sisa kucingan ogah lah…

Seberapa banyak Anda mengenal pembantu Anda? Apa yang dikerjakan pembantu Anda?

32 thoughts on “Apa yang dilakukan pembantu Anda?

  1. sr

    Opo ho’o to, mungkin benar yang dikatakan pepatah, “Siapa Menebar Benih Pasti Akan Menuai Hasil”. Dalam hal ini mungkin apa yang kita lakukan pada seseorang entah itu baik/buruk kita jg akan mendapat balasannya. Atau mungkin juga sang PEMBANTU yang anda ceritakan adalah korban perlakuan kurang baik dari sang majikan.

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      syukur mas, itu tandanya orang ditempat mas masih bisa mandiri, engga buru-buru minta dibantuin…
      untungnya ya ini…engga dikucingin…

      Like

      Reply
  2. uyayan

    cerita tentang pembantu jadi ingat c bibi yang sekarang entah dimana…
    entah benda apa yang pernah hilang sebelumnya sebelum saya yakin bahwa 2 joran saya hilang… kecurigaan timbul karena ke rumah saya jarang ada orang asing masuk yang di rumah hanya c bibi yang kadang anaknya suka berkunjung sementara anaknya suka mancing sama seperti saya…

    Like

    Reply
  3. misstitisari

    di rumah ngga pake asisten rumah tangga Tina, semuanya dibagi sesuai jumlah anggota keluarga, jadi kepegang semua
    dulu sih jaman aku sama adikadikku masih kecilkecil (aku TK) sempat pakai asisten rumah tangga, itu pun ambil dari kampungnya Papa, masih saudara jauh, ya jadi saling bantu, beliau bantu meringankan kerepotannya Mama, dan Mama Papa bantu meringankan ekonominya beliau, samasama saling bantu tho 🙂

    Like

    Reply
  4. budiastawa

    Saya nggak punya pembantu, Tin. Jadi semua dikerjakan sendiri, oleh istri, dibantu saya, dibantu anak-anak. Saling bantu membantu gitu. Emang pembantunya Tina ada berapa 😆

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      kalau prt saya belum punya mas, kan masih tinggal sendiri, lagipula saya juga engga suka dibantu kalau belum perlu bantuan…
      kalau bantuan yang lain saya ada yang bantu..

      Like

      Reply
  5. bensdoing

    sya lebih suka melakukannya sendiri mb…..ngga percaya ama pembantu…
    mungkin krn saya punya pengalaman yg kurang baik dengan pembantu waktu dulu walau kami sudah sngat baik kepadanya…

    Like

    Reply
  6. Goiq

    kalau diperlakukan dengan baik biasanya mereka juga akan bekerja dengan baik kok… seperti asisten dirumah saya, karena dirumah kami ngga ada yang suka marah, dia mau berhenti pun sampai ngga enak hati…

    Like

    Reply
  7. Evi

    Aku termasuk yg percaya Tina, kalau kita jadi majikan yg baik, pasti akan punya pembantu yg baik. Tapi kalau sebagai majikan kelakuan kita tak baik pada mereka, pelitnya auzubile, makanan disisihkan seperti yg jelek-jelek di kasih ke mereka, terus diperlakukan sebagai masyarakat kelas tiga, sering melontarkan omongan sembarangan tanpa memikirkan bahwa pembantu juga manusia yg punya hati dan rasa, yah gak usah berharap menemukan pembantu yg kita inginkan. Alam semesta ini punya hukum keseimbangan, apa yg kita tanam akan di tuai. Cuma kasus langka bila majikan baik punya pembantu begajul 🙂

    Like

    Reply
  8. marsudiyanto

    Kalau butuh bantuan orang lain, saya jawab iya…
    Tapi kalau yg dimaksud pembantu adalah di rumah tangga, saya nggak bisa jawab karena saya nggak pakai pembantu.
    Sejak anak beranjak dewasa, saya & istri memutuskan untuk tidak memakai tenaga pembantu karena dirumah cuma berdua.
    Kalau pekerjaan lagi banyak, kami lebih suka manggil orang yg sifatnya part time…
    Kami masih merasa bisa mengatasi permasalahan rutin, karena istri saya dirumah ajah…

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s