After the rain

Sudah beberapa waktu Jakarta diguyur hujan deras setiap hari. Menguntungkan bagi penghirup udara segar karena debu tidak beterbangan dengan bebas meskipun polusi memang masih ada. Banyak. Udara yang berubah menjadi dingin seketika ketika hujan malam datang membuat saya mudah sekali terlelap dengan keadaan jendela kamar terbuka. Saya suka bau air hujan yang khas disertai udara yang lembab, basah itu. Seperti aroma terapi bagi penderita penyakit rindu hujan.

Meskipun sudah berulang kali hujan, saya masih merindukan hujan. Mungkin saya harus menunggu musim hujan tahun ini berakhir lalu menunggu musim hujan tahun depan datang. Sungguh tidak beruntung, hujan yang saya inginkan sudah berlalu. I wanna kiss the rain..

Ada lagu yang pas jika didengarkan ketika hujan, lagu ini pemberian teman saya. Lagunya hangat dan bikin kangen pada sesuatu di balik hujan…



Hujan pertama di tanah Yogyakarta yang kering dan rindu diguyur hujan. Itu yang saya sesalkan, mengapa saya tidak bisa mendapatkan hujan itu di sana. Bau tanah yang sungguh….hmmmmm…. Bau tanah yang sangat khas baru saja terkena hujan untuk yang pertamakalinya selama terkurung dalam panasnya matahari di musim kemarau.Ketika hujan mulai mengguyur tanah di halaman luas dengan rumputnya yang sudah menguning itu sepercik demi sepercik, melebat lalu mulai mereda, tanahnya mengeluarkan bunyi yang tidak bisa saya tirukan bagaimana persisnya. Mudahnya seperti wajan panas yang terkena air tetapi dalam nada yang paling halus dan rendah. Bunyi air meresap ke pori-pori tanah. Kemudian memunculkan uap tipis seperti uap kopi yang baru saja diseduh. Tak lama kemudian baunya yang sangat memikat itu muncul semerbak. Fenomena yang tidak bisa terulang di hari ke dua hujan karena baunya akan berbeda. The smell after the rain in the Yogyakarta land…very special..

SayaΒ  tidak tau mau menyebutnya harum atau apa, yang pasti bau ini belum dibuat dalam satu kemasan parfum. Kalau saja bau itu bisa ditirukan dan ada yag membuatnya menjadi satu botol parfum, saya mau beli untuk menggantikan parfum saya saat ini…

Tapi, bisa tidak ya?

So that’s why I still here in the rain…

15 thoughts on “After the rain

  1. jarwadi

    musim hujan yang basah dan lembab. biasanya cinta dan jamur akan tumbuh bersama. asal bukan cinta yang jamuran (berjamur) yah =))

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s